Tips Memilih Mesin Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

5 Agustus 2022

Tips Memilih Mesin Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda - Mesin kasir adalah sebuah peralatan penting dalam berbagai jenis bisnis. Sebuah mesin kasir dapat melakukan pencatatan jumlah penjualan, memberikan tanda terima kepada pelanggan, dan membantu membuata laporan transaksi harian. Pada saat ini, mesin kasir sudah semakin canggih dan memiliki banyak fungsi yang dapat membantu dalam menjalankan toko, restoran, atau bisnis yang lain. Mesin kasir dengan teknologi terkini dan lebih kompleks dapat digunakan untuk melacak persediaan dan sinyal komputer jarak jauh yang berguna untuk mengatur ulang persediaan atau inventaris bisnis.

Tidak hanya itu saja, mesin kasir juga dapat digunakan untuk membantu Anda dalam menghitung penjualan berdasarkan tipe atau kelas barang. Mesin kasir macam ini paling sering digunakan oleh bisnis ritel.

Fungsi Mesin Kasir

Ketika Anda pergi ke toko untuk membeli sebuah barnag, ada satu hal yang pasti Anda lihat, yaitu mesin kasir. Mesin kasir ini merupakan sebuah hal yang umum ditemui pada sebuah bisnis ritel atau restoran karena memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat besar bagi pengelolaan bisnis tersebut.

Berikut ini penjelasan mengenai fungsi mesin kasir bagi sebuah bisnis.

Perhitungan

Selain sudah menjadi lebih ringan dan jauh kebih canggih, mesin kasir modern juga dapat melakukan berbagai fungsi dan perhitungan berdasarkan daftar nama dan harga semua barang yang telah dibeli, memproses kupon, menghitung pajak, diskon, dan menentukan dengan tepat berapa banyak perubahan yang harus dibayarkan pelanggan. Beberapa fungsi dan perhitungan tersebut dapat membantu toko menjaga para pekerja tetap fokus pada layanan pelanggan dan menjaga agar jalur kasir tetap bergerak.

Pelacakan Pelanggan

Dengan kemajuan teknologi, kini telah banyak mesin kasir yang telah dilengkapi dengan kartu gesek pelanggan atau kartu loyalitas pelanggan yang dapat memberi bisnis informasi penting tentang apa yang mereka beli. Dikarenakan hal tersebut, mesin kasir saat ini telah menjadi sebuah alat identifikasi tentang produk apa yang keluar dari toko tersebut. Sehingga manajer dapat melakukan restock ketika produk tersebut hampir habis.

Selain itu, para manajer juga dapat mengetahui produk apa yang populer pada hari tertentu dan merek mana yang disukai pembeli mereka. Mesin kasir yang beroperasi bersamaan dengan kartu loyalitas pelanggan memiliki sistem komputer terintegrasi yang menyampaikan semua informasi ini kembali ke toko dan manajemen. Ini membantu toko untuk melakukan iklan yang bertarget dalam bentuk pengitiman surat, email, dan bahkan pop-up langsung di daftar dalam struk pembayaran.

Tips Memilih Mesin Kasir Terbaik untuk Bisnis

Bagi banyak pebisnis, mesin kasir menjadi investasi yang menjanjikan. Bagaimanapun, mesin kasir yang tepat dapat memperlancar operasional toko sehari-hari. Oleh karena itu, pemilihannya tidak bisa sembarangan.

Selain mencari mesin kasir dengan harga yang sesuai dengan kemampuan bisnis, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih mesin kasir.

Tips Memilih Mesin Kasir 1 : Sesuaikan dengan Ukuran dan Kebutuhan Bisnis

Tips memilih mesin kasir yang pertama adalah mempertimbangkan seberapa besar bisnis Anda dan potensi pertumbuhan bisnis beberapa tahun ke depan. Seberapa besar kecepatan yang akan Anda butuhkan dalam melayani pelanggan? Dan fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan bisnis Anda?

Apabila bisnis Anda memiliki ratusan inventori dan ratusan hingga ribuan transaksi tiap bulannya, Anda dapat menggunakan sistem POS dnegan barcode scanner dan manajemen inventori yang memudahkan proses sehingga dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Jika Anda ingin merencanakan untuk berkembang dengan cepat, POS berbasis cloud juga memudahkan Anda dalam skalabilitas.

Tips Memilih Mesin Kasir 2 : Aspek Keamanan

Pertimbangkan potensi fraud atau penyalahgunaan akses terhadap mesin kasir. Tidak hanya keamanan secara fisik, Anda juga perlu meminimalisir terjadinya eksploitasi dari sistem pencatatan pemasukan Anda.

Secara fisik, Anda dapat melindungi mesin kasir dengan kunci yang Anda percayakan pada karyawan. Anda juga perlu memastikan tidak ada kesalahan pada pencatatan uang masuk dan keluar. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan mesin aksir yang merekam semua aktivitas transaksi dan mencatat karyawan yang bertanggung jawab pada periode tersebut.

Tips Memilih Mesin Kasir 3 : Pentingnya Inventory Tracking

Jika bisnis Anda membutuhkan mesin kasir, selalu ada risiko kehabisan stok yang juga berarti Anda kehilangan pemasukan. Untuk menghindari hal ini, maka terapkan tips memilih mesin kasir ini. Yaitu pilih mesin kasir yang dapat menghitung stok masuk dan keluar, dan dapat memberikan notifikasi ketika stok barang sudah menipis.

Fitur ini juga akan menghemat waktu dan biaya Anda karena karyawan atau Anda tidak perlu lagi melakukan pengecekan stok manual.

Tips Memilih Mesin Kasir 4 : Opsi Printer Kasir atau Printer Struk

Meskipun mesin kasir yang baik adalah yang dapat mencatat semua pemasukan dan pengeluaran Anda, beberapa konsumen akan meminta struk pembelian. Sehingga pastikan kasir Anda dapat terintegrasi dengan berbagai jenis printer jika suatu saat Anda butuhkan.

Tips Memilih Mesin Kasir 5 : Opsi Pembayaran Fleksibel

Banyaknya promosi yang diberikan oleh penyedia mobile payment dapat mendorong konsumen untuk bertransaksi. Selain mobile payment, konsumen juga memiliki opsi transaksi menggunakan kartu debit atau kredit.

Sehingga tips memilih mesin kasir yang terakhir adalah pastikan bisnis Anda menggunakan kasir yang mendukung pembayaran selain tunai dan dapat mencatat semua bentuk pembayaran tanpa kendala.

Itu dia informasi mengenai fungsi dan tips memilih mesin kasir terbaik untuk bisnis Anda. Tidak perlu bingung lagi mencari perangkat kasir. Karena kini Anda bisa mendapatkan berbagai perangkat kasir yang sesuai dengan kebutuhan di Trigonal Software!

Trigonal software menghadirkan berbagai macam paket kasir dan perangkat keras lainnya dengan aspek mumpuni. Klik di sini untuk melihat katalog komputer kasir lainnya.



Baca juga

16 Agustus 2022
Salon Kecantikan : Peluang, Perkiraan Modal, dan Tipe-Tipenya
Bagi kaum perempuan, salah satu kebutuhan yang penting bagi mereka adalah terus tampil cantik. Beberapa hal pada diri mereka yang butuh perhatian khusus, di antaranya adalah kulit dan kuku mereka. Dengan demikian, banyak dari mereka yang cukup sering menghabiskan waktu untuk pergi ke salon kecantikna untuk menata dan merawat rambut mereka.

15 Agustus 2022
Franchise Klinik Kecantikan bisa Jadi Rekomendasi Bisnis
Menyadari perawatan wajah itu penting, banyak orang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi penampilan sempurna. Sehingga tidak heran jika semakin hari banyak bisnsi di bidang kecantikan semakin menjamur, termasuk franchise klinik kecantikan. Sama seperti bisnis franchise lainnya, Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan jika membuka klinik kecantikan yang sudah punya nama daripada memulai dari nol. Tentunya untuk mengawali Anda memerlukan modal yang cukup.

12 Agustus 2022
Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi Motivasi untuk Semangat Berbisnis!
Memulai suatu usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan terasa menakutkan. Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba. Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda tentu memerlukan motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain. Untuk mendapatkan motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak 10 sosok pengusaha sukses luar negeri lengkap dengan kisah inspiratif perjalanan usaha mereka.

12 Agustus 2022
Beda Menabung dan Investasi, Anda Prefer Mana?
Salah satu permasalahan keuangan yang sering kali menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah anggapan mengenai menabung dan investasi merupakan kedua hal yang sama. Padahal anggapan tersebut adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

10 Agustus 2022
Strategi Pemasaran Restoran ini Terbukti Efektif, Catat!
Sekitar empat sampai lima tahun yang lalu, untuk bersantap makanan dari restoran, kebanyakan pelanggan harus mendatangi restoran dan kafe yang dituju. Akses untuk mendapatkan makanan dengan cara yang lebih cepat belum tersedia seperti sekarang, di mana layanan pesan-antar online sudah marak. Hal tersebut juga mengubah model bisnis F&B yang awalnya tradisional kini menjadi sebuah model bisnis yang lebih modern.