Mesin Kasir : Pengertian, Perkembangannya, dan Jenis-Jenisnya

4 Agustus 2022

Mesin Kasir : Pengertian, Perkembangannya, dan Jenis-Jenisnya - Bagi pengusaha yang memiliki toko fisik, pentingnya peran mesin kasir tentu sudah terasa.

Mulai dari mempercepat transaksi jual-beli, membantu perhitungan yang akurat di setiap transaksi, memudahkan pembukuan, serta membangun kepercayaan pembeli. Oleh karena itu, menentukan cash register untuk sebuah usaha adalah pilihan besar, yang membutuhkan banyak riset, apalagi saat jenis cash register sudah semakin beragam seperti sekarang.

Singkatnya, mesin kasir yang tepat dapat membantu pengusaha untuk lebih berfokus pada pengembangan bisnisnya. Tanpa harus mengkhawatirkan hal-hal yang terlalu detail dalam aktivitas operasional.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang cash register? Simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Mesin Kasir

Mesin kasir atau cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung serta mencatat setiap transaksi penjualan. Secara umum perangkat ini terintegrasi secara modul dengan laci (cashdrawer) untuk menyimpan sejumlah uang. Mesin kasir biasanya juga mengeluarkan hasil cetak atau print dari struk penjualan (receipt) untuk konsumen.

Penerimaan kas yang asalnya dari hasil penjualan tunai dilakukan melalui cash register. Agar terbaca oleh pembeli, cash register harus ditempatkan pada loket kasir sedemikian rupa. Sebagai bukti bahwa mesin sudah mencatat data yang dimasukkan ke dalamnya, maka cash register harus mengeluarkan bunyi seperti “kring”. Terdapat banyak perusahaan yang menghubungkan mesin kasirnya langsung ke komputer. Komputer diprogram agar dapat mencatat data yang dimasukan oleh petugas penjualan dari cash register langsung pada catatan akuntansi.

Perkembangan Mesin Kasir

Sejarah Mesin Kasir

Pernah membayangkan apa jadinya sebuah toko tanpa mesin kasir? Sebelum tahun 1878, seperti itulah situasinya.

Tidak adanya alat untuk menghitung jumlah penjualan dan mencatat detail transaksi membuat pemilik toko kesulitan dalam memastikan untung-ruginya bisnis mereka selama ini. Belum lagi saat itu pegawai-pegawai yang malas dan tidak jujur dianggap sebagai keadaan yang wajar.

Kemudian James Jacob Ritty, seorang pemilik salon di Ohio, Amerika Serikat, berhasil menemukan sebuah mesin untuk mencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan. Cash register ini sangat membantu pemilik usaha dan pelanggannya karena proses bisnis berjalan dengan lebih baik.

Mesin Pencatat Laporan Penjualan

Seiring perkembangan jaman, cash register ciptaan Ritty mendapat banyak penambahan fungsi dan fitur. Perusahaan besar seperti Casio dan Sharp berusaha mengembangkan cash register dan menyebarkannya ke seluruh dunia.

Mesin kasir tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat mencatat laporan penjualan sehingga mengoptimalkan proses bisnis sebuah perusahaan.

Mesin Kasir di Tahun 2000-an

Memasuki abad 21, cash register telah mengalami banyak perubahan. Ada cash register yang hanya menghitung jumlah transaksi, ada pula yang sudah didukung oleh teknologi komputasi cloud dan memiliki banyak fitur.

Perkembangan termutakhir dari mesin kasir adalah yang berbasis web atau aplikasi yang terhubung dengan internet, disebut pula dengan istilah Point of Sale (POS). Pebisnis cukup menyediakan perangkat ponsel, jaringan internet dan printer kasir, dan ia akan langsung dapat menghitung transaksi pelanggan.

Untuk yang berbasis aplikasi, POS dapat diunduh di Play Store (Android) dan Appa Store (iOS) dan menggunakan semua fiturnya dengan harga yang relatif terjangkau. Tak heran apabila POS versi terbaru ini, atau Cloud POS, mulai banyak digunakan oleh pebisnis masa kini.

Penggunaan Mesin Kasir

Pada awalnya, penggunaan cash register hanyalah untuk mencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan. Kemudian, fungsinya bertambah menjadi alat untuk melakukan pencatatan penjualan.

Sekarang, mesin kasir dengan sistem POS sudah memiliki banyak kegunaan lain seperti manajemen karyawan, pengelolan stok barang, memberikan program loyalitas pelanggan, dan pengecekan laporan penjualan. Dengan cloud POS, laporan ini bahkan bisa diakses oleh pebisnis kapan saja dan di mana saja.

Jenis-Jenis Mesin Kasir

Baik sedang mencari cash register pertama untuk bisnis yang baru dirintis atau ingin mengganti cash register lama, tentu ada berbagai macam model yang perlu menjadi pertimbangan.

Apalagi dengan fungsi yang kini semakin beragam, mulai dari mesin kasir offline yang paling standar dengan mesin penghitung dan tempat penyimpanan uang saja. Hingga mesin kasir online yang teknologinya lebih maju dan dapat mempermudah aktivitas operasional sehari-hari.

Dari berbagai macam tipe, merek, dan fungsi yang ada sekarang ini, berikut tiga tipe umum cash register.

Electronic Cash Register (ECR)

Jenis cash register offline satu ini termasuk yang paling sering ditemui di restoran atau toko-toko kecil, dengan laci uang yang hanya terbuka apabila transaksi penjualan sudah diterima oleh kasir. Bagi ECR klasik, petugas kasir masih harus memasukkan jumlah penjualan secara manual dengan keyboard.

Namun, sekarang pemasangan ECR klasik sudah berkurang dan tergantikan oleh ECR modern, yang mana kasir hanya perlu melakukan scan barcode produk dan total penjualan akan otomatis ter-update. Meskipun fungsinya masih standar, ECR, baik yang klasik maupun modern, sudah bisa mencetak struk. Tidak hanya diberikan kepada pembeli, printer ECR juga akan secara otomatis mencetak salinan struk untuk penjual  sebagai bukti saat melakukan pembukuan.

Point of Sale (POS)

Bisa dikatakan, POS adalah cash register dengan versi yang lebih canggih dibandingkan ERC. Sama-sama termasuk cash register offline, namun sistem POS berbasis komputer, menggunakan software yang memungkinkan pengusaha menyimpan catatan sales, informasi pembeli, daftar inventaris, dan data bisnis lainnya.

Selain pencatatan yang lebih detail dan akurat, mesin kasir POS juga membaca purchasing behavior pembeli. Kemudian bisa digunakan apabila pengusaha tersebut ingin menawarkan promo spesial yang relevan.

MPOS dan Cloud POS

MPOS, atau mobile point of sale, adalah sistem POS yang menggunakan tablet atau perangkat mobile lain. Ia bisa dioperasikan dengan iOS, Android, dan Windows.

Tidak hanya memiliki perangkat yang lebih beragam, ukurannya yang kecil juga membuat mPOS lebih mudah disesuaikan dengan layout toko.

Memanfaatkan teknologi cloud, tipe cash register online yang satu ini mampu memberikan data bisnis yang lebih komprehensif, dan membantu pengusaha untuk bisa mengakses data penjualannya secara langsung meski ia sedang tidak berada di tokonya. Adanya mPOS memudahkan pengusaha untuk mendapatkan akses ke teknologi yang lebih modern tapi tetap mudah digunakan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai mesin kasir. Di pasaran terdapat banyak merek yang menyediakan mesin kasir cukup beragam. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan keperluan bisnis Anda.

Anda tertarik untuk membeli mesin kasir? Kini Anda dapat membeli berbagai macam paket kasir dan perangkat kasir lainnya dengan berbagai aspek mumpuni di Trigonal Software. Klik di sini untuk melihat katalog perangkat kasir lainnya!



Baca juga

18 Agustus 2022
Usaha Salon Kecantikan, Langkah Memulai dan Tips Suksesnya
Jika Anda adalah seorang wanita, kita semua mungkin sepakat bahwa kecantikan adalah sebuah kebutuhan dasar untuk menunjang penampilan Anda. Atas dasar ini, kebutuhan akan jasa mempercantik diri memiliki permintaan yang sangat tinggi dari waktu ke waktu dan membuka bisnis salon kecantikan adalah pilihan yang cukup baik jika Anda memiliki pengalaman dalam hal tersebut.

16 Agustus 2022
Salon Kecantikan : Peluang, Perkiraan Modal, dan Tipe-Tipenya
Bagi kaum perempuan, salah satu kebutuhan yang penting bagi mereka adalah terus tampil cantik. Beberapa hal pada diri mereka yang butuh perhatian khusus, di antaranya adalah kulit dan kuku mereka. Dengan demikian, banyak dari mereka yang cukup sering menghabiskan waktu untuk pergi ke salon kecantikna untuk menata dan merawat rambut mereka.

15 Agustus 2022
Franchise Klinik Kecantikan bisa Jadi Rekomendasi Bisnis
Menyadari perawatan wajah itu penting, banyak orang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi penampilan sempurna. Sehingga tidak heran jika semakin hari banyak bisnsi di bidang kecantikan semakin menjamur, termasuk franchise klinik kecantikan. Sama seperti bisnis franchise lainnya, Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan jika membuka klinik kecantikan yang sudah punya nama daripada memulai dari nol. Tentunya untuk mengawali Anda memerlukan modal yang cukup.

12 Agustus 2022
Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi Motivasi untuk Semangat Berbisnis!
Memulai suatu usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan terasa menakutkan. Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba. Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda tentu memerlukan motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain. Untuk mendapatkan motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak 10 sosok pengusaha sukses luar negeri lengkap dengan kisah inspiratif perjalanan usaha mereka.

12 Agustus 2022
Beda Menabung dan Investasi, Anda Prefer Mana?
Salah satu permasalahan keuangan yang sering kali menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah anggapan mengenai menabung dan investasi merupakan kedua hal yang sama. Padahal anggapan tersebut adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki pengertian yang berbeda.