Strategi Bengkel Motor agar Ramai Pelanggan!

2 Agustus 2022

Strategi Bengkel Motor agar Ramai Pelanggan - Usaha bengkel motor menjadi peluang menjanjikan mengingat kendaraan motor yang sudah menjadi kebutuhan mobilitas masyarakat sehari-hari.

Setidaknya ada tiga jenis bengkel yang dapat dibuka untuk mulai membuka usaha. Diantaranya adalah bengkel yang melayani service motor secara umum dan menerima service ringan maupun  berat segala merek motor, bengkel spesialis motor tertentu tanpa afiliasi dengan merek motor tertentu, dan bengkel motor custom yang melayani modifikasi motor.

Sama seperti jenis bisnis lainnya, Anda dapat mempelajarinya secara formal lewat sekolah, kampus, atau juga memelajarinya secara informal. Bahkan banyak orang yang berbisnis usaha bengkel motor diawali oleh hobi mereka terhadap dunia roda dua.

Jika Anda sudah memiliki background tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal dan strategi bisnis. Anda bisa melihat perkiraan estimasi modal yang perlu disiapkan untuk membuka sebuah usaha bengkel motor.

Baca juga : Modal Usaha Bengkel Motor, Berapakah Perkiraannya?

Strategi Bengkel Motor agar Ramai Pelanggan

Memiliki lokasi strategis memang memiliki pengaruh besar terhadap ramai tidaknya bisnis bengkel. Selain lokasi strategis, ada cara lain yang dapat meningkatkan volume pelanggan agar bengkel ramai pengunjung, di antaranya :

Strategi Tentukan Konsep Bengkel Motor

Tentukan konsep bengkel apa yang ingin Anda buka. Apakah Anda ingin membuka bengkel motor tertentu seperti motor matic, motor sport, atau motor gede. Kemudian apakah Anda akan menerima jasa servis saja atau menerima layanan lain seperti modifikasi. Tentukan juga target market yang jelas.

Jika keahlian montir hanya bisa mengatasi permasalahan motor matic saja maka jangan paksa dia untuk menangani jenis motor lainnya. Selain berisiko, Anda juga akan mempertaruhkan reputasi bengkel menjadi lebih buruk.

Lebih baik Anda mempekerjakan montir yang memiliki keahlian di segala bidang. Anda juga bisa bekerja sama dengan seberapa montir dengan keahlian yang berbeda-beda. Semakin banyak pelayanan yang dapat diberikan, maka semakin luas target pasar Anda.

Penentuan konsep ini juga dapat berpengaruh pada besaran modal yang harus Anda keluarkan. Contohnya bengkel khusus moge memungkinkan membutuhkan lahan yang besar dan peralatan yang lebih khusus.

Promosi yang Tepat Sasaran

Promosi dapat dilakukan dengan memasang banner atau spanduk mengenai informasi promo yang ingin Anda tonjolkan agar menarik minat pelanggan. Misalnya pada musim tertentu, Anda dapat memberikan promo gratis cuci motor setelah pelanggan melakukan transaksi dengan jumlah tertentu di bengkel Anda.

Strategi ini dapat dilakukan secara berkala dengan keadaan bengkel motor Anda. Promo lain yang bisa dilakukan adalah pelayanan gratis untuk cek oli dan rem. Selanjutnya keputusan kembali pada pemilik kendaraan, apakah mau melakukan layanan selanjutnya atau tidak.

Dari contoh-contoh promo di atas bisa Anda kembangkan sendiri dan tentukan dengan menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu Anda akan memperoleh pelanggan yang lebih banyak.

Penerapan Strategi Bengkel Motor dengan Kejujuran Mekanik

Banyak terjadi kasus penyalahgunaan pelayanan yang seharusnya tidak perlu. Sehingga pelanggan merasa tertipu karena mekanik menyarankan servis yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Padahal servis tersebut bisa dilakukan pada bulan-bulan berikutnya. Oleh karena itu, peran dan kejujuran mekanik atau montir sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Banyak pelanggan yang tidak terlalu paham tentang seluk beluk mesin sehingga mereka pastinya membutuhkan tempat konsultasi bengkel yang jujur.

Sehingga berikan informasi yang jelas mengenai kondisi kendaraan, apa saja yang harus diperbaiki, kendala apa yang dialami jika tidak segera diperbaiki, dan kapan waktu yang tetap bagi pelanggan untuk mengganti sparepart.

Dengan melakukan strategi satu ini, pelanggan akan menggunakan jasa bengkel motor Anda kembali karena telah memberikan informasi yang tepat dan pelayanan yang terbaik.

After Service yang Baik

Kembangkan pelayanan Anda demi membangun citra bisnis yang baik. Mintalah data konsumen sebagai bentuk kepedulian usaha Anda.

Setelah perbaikan dalam waktu dua atau tiga hari, tanyakan kepada konsumen mengenai kondisi kendaraan pasca perbaikan melalui pesan singkat atau telepon. Dengan begitu konsumen akan merasa memperoleh kepedulian dari bengkel Anda, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Berikan Layanan yang Tidak Ada di Bengkel Lain

Lakukan riset di beberapa bengkel yang dekat dengan bengkel Anda. Apa saja pelayanan yang belum mereka miliki kemudian lakukan inovasi untuk membuat layanan yang berbeda dari bengkel-bengkel lainnya.

Misalnya membuat layanan antar jemput kendaraan atau servis di tempat. Strategi bengkel motor satu ini mungkin akan menarik lebih banyak pelanggan yang membutuhkan servis lebih cepat dibanding harus mendatangi bengkel Anda.

Cara lain yang dapat menarik hati pelanggan adalah memperbaiki kerusakan yang tidak bisa dilakukan oleh bengkel lainnya.

Manfaatkan Komunitas

Saat ini banyak komunitas yang tergabung berdasarkan tipe motor. Untuk menarik minat banyak komunitas tersebut, terdapat strategi jitu yang bisa Anda lakukan yaitu aktif mengikuti komunitas motor tertentu.

Dengan begitu, Anda bisa memiliki koneksi yang luas. Jika Anda sudah aktif, Anda dapat dengan mudah merekomendasikan jasa bengkel Anda kepada semua anggota dari komunitas yang Anda ikuti. Berikan promosi atau layanan khusus bagi anggota yang melakukan perbaikan di bengkel Anda. Jika mereka puas, maka kemungkinan besar akan merekomendasikan bengkel Anda ke teman-teman lainnya.

Selain beberapa poin strategi di atas, perhatikan juga waktu perbaikan motor di bengkel Anda. Beberapa pelanggan tidak mau menunggu terlalu lama karena kendaraan akan digunakan. Berikan penjelasan kepada pelanggan mengenai waktu yang dibutuhkan mekanik untuk memperbaiki motor. Pelanggan akan memaklumi dan mengerti jika Anda memberitahunya dnegan baik dan sopan. Itulah beberapa strategi agar bengkel motor Anda ramai pelanggan.

Pastikan juga Anda menggunakan melakukan pembukuan dengan baik. Gunakan IPOS sebagai kan pilihan terbaik mengatasi masalah pembukuan. IPOS akan mencatat seluruh pemasukan serta pengeluaran dari bengkel. Sehingga segala bentuk pencatatan bisa Anda lihat dalam bentuk laporan keuangan yang rapih dan tepat.

Fitur-fitur keren IPOS siap bantu usaha bengkel motor Anda! Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

16 Agustus 2022
Salon Kecantikan : Peluang, Perkiraan Modal, dan Tipe-Tipenya
Bagi kaum perempuan, salah satu kebutuhan yang penting bagi mereka adalah terus tampil cantik. Beberapa hal pada diri mereka yang butuh perhatian khusus, di antaranya adalah kulit dan kuku mereka. Dengan demikian, banyak dari mereka yang cukup sering menghabiskan waktu untuk pergi ke salon kecantikna untuk menata dan merawat rambut mereka.

15 Agustus 2022
Franchise Klinik Kecantikan bisa Jadi Rekomendasi Bisnis
Menyadari perawatan wajah itu penting, banyak orang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi penampilan sempurna. Sehingga tidak heran jika semakin hari banyak bisnsi di bidang kecantikan semakin menjamur, termasuk franchise klinik kecantikan. Sama seperti bisnis franchise lainnya, Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan jika membuka klinik kecantikan yang sudah punya nama daripada memulai dari nol. Tentunya untuk mengawali Anda memerlukan modal yang cukup.

12 Agustus 2022
Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi Motivasi untuk Semangat Berbisnis!
Memulai suatu usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan terasa menakutkan. Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba. Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda tentu memerlukan motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain. Untuk mendapatkan motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak 10 sosok pengusaha sukses luar negeri lengkap dengan kisah inspiratif perjalanan usaha mereka.

12 Agustus 2022
Beda Menabung dan Investasi, Anda Prefer Mana?
Salah satu permasalahan keuangan yang sering kali menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah anggapan mengenai menabung dan investasi merupakan kedua hal yang sama. Padahal anggapan tersebut adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

10 Agustus 2022
Strategi Pemasaran Restoran ini Terbukti Efektif, Catat!
Sekitar empat sampai lima tahun yang lalu, untuk bersantap makanan dari restoran, kebanyakan pelanggan harus mendatangi restoran dan kafe yang dituju. Akses untuk mendapatkan makanan dengan cara yang lebih cepat belum tersedia seperti sekarang, di mana layanan pesan-antar online sudah marak. Hal tersebut juga mengubah model bisnis F&B yang awalnya tradisional kini menjadi sebuah model bisnis yang lebih modern.