Modal Usaha Bengkel Motor, Berapakah Perkiraannya?

1 Agustus 2022

Modal Usaha Bengkel Motor, Berapakah Perkiraannya? - Menurut Badan  Pusat Statistik, jumlah sepeda motor di Indonesia mencapai jumlah lebih dari 113 juta unit pada tahun 2017. Angka tersebut telah mengalami peningkatan signifikan sekitar 12% setiap tahunnya, menjadikan sepeda motor sebagai jenis kendaraan terbanyak yang ada di negara ini.

Dari fakta tersebut dapat kita simpulkan bahwa membangun usaha yang berkaitan dengan sepeda motor merupakan peluang yang cemerlang. Salah satu di antaranya adalah usaha bengkel motor. Jika Anda tertarik untuk memulainya, simak gambaran bagaimana cara memulai sebuah usaha bengkel motor di bawah ini beserta rincian modal yang harus Anda persiapkan.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Bengkel Motor

Usaha bengkel motor dapat berupa bengkel yang melayani servis ringan dan berat, bengkel spesialis, dan custom builder atau bengkel modifikasi motor. Secara umum, layanan reparasi atau servis harus bisa dilakukan oleh sebuah bengkel.

Untuk memulainya, Anda harus mencari dulu lokasi yang tepat untuk membuka bengkel. Sering kali, bengkel tidak membutuhkan lahan yang terlalu besar. Banyak pengguna kendaraan roda dua membutuhkan servis ringan yang dapat selesai dalam hitungan jam.

Sebaiknya, pilihlah lokasi berupa ruko atau lahan usaha yang sering dilewati kendaraan. Menyewa tempat yang dekat dengan perumahan juga dapat menjadi ide yang bagus. Salah satu kelebihan jika Anda memilih ruko adalah Anda bisa memanfaatkan lantai dua sebagai ruang tunggu bagi pelanggan yang menunggu motornya diservis.

Selain lokasi, hal lain yang tidak kalah penting untuk dipikirkan adalah tenaga mekanik. Montir yang mumpuni sangat menentukan kesuksesan usaha bengkel motor. Kalau pelanggan puas akan hasil kerja sang mekanik, pasti bengkel Anda akan lebih mudah berkembang.

Tentu saja, membuka usah bengkel akan lebih mantap lagi jika Anda sendiri mengerti tentang teknik mesin kendaraan. Jadi, Anda dan mekanik dapat bekerja sama terutama jka menemukan kasus kerusakan yang cukup berat pada kendaraan roda dua milik pelanggan.

Perkiraan Modal Usaha Bengkel Motor

Rincian modal usaha bengkel motor meliputi sewa lahan, peralatan, perlengkapan, serta modal operasional. Tergantung besar modal yang Anda miliki, Anda bisa memilih untuk membeli semua aset di awal pembukaan atau membelinya satu per satu sambil menjalankan usaha.

Modal untuk Tempat Usaha

Dimulai dari lokasi, saat ini rata-rata harga sewa ruko berkisar di angka Rp 30 juta per tahun. Untuk menyiasati angka yang cukup besar ini, Anda dapat melakukan negosiasi dengan pemilik ruko untuk pengangsuran pembayaran selama 2-4 kali dalam satu tahun.

Setelahnya, Anda mungkin perlu merenovasi ruko agar layak digunakan untuk usaha bengkel motor. Misalnya saja mengganti bentuk pagar agar bisa terbuka lebar, menambah rak-rak untuk mendisplay suku cadang, serta etalase untuk produk yang lebih kecil. Biaya yang mungkin dikeluarkan adalah antara Rp 10 juta – Rp 15 juta.

Peralatan

Peralatan yang dimaksud adalah kunci-kunci dan alat lainnya untuk keperluan reparasi motor. Ada dua jenis peralatan dalam usaha bengkel yaitu peralatan tangan yang berukuran kecil, dan peralatan khusus yang berupa mesin.

Berikut adalah gambaran umum peralatan yang dibutuhkan dalam rincian modal usaha bengkel motor :

  • 1 Set Kunci L (Besar dan Kecil) = Rp 100.000
  • 1 Set Kunci T (T8 dan T10) = Rp150.000
  • 1 Set Kunci Sok = Rp150.000
  • 1 Set Kunci Pas = Rp100.000
  • 1 Set Kunci L Bintang = Rp150.000
  • 1 Set Kunci Ring = Rp60.000
  • 2 Kunci Inggris (6 inci dan 12 inci) = Rp100.000
  • 1 Set Obeng Plus dan Minus = Rp200.000
  • 1 Set Tang = Rp250.000
  • 1 Palu Karet = Rp100.000
  • 1 Palu Besi = Rp50.000
  • 1 Gergaji Besi = Rp50.000
  • 1 Ragum = Rp500.000

Total : Rp. 1.960.000

Sebagai catatan, Anda bisa membeli satu set toolbox dengan kisaran harga Rp1.500.000 – Rp2.000.000. Namun begitu, Anda juga bisa lebih memilih kunci yang dibutuhkan jika membeli secara satuan.

Peralatan Berat

Peralatan berat atau yang masuk dalam kategori mesin biasanya diperlukan untuk bengkel modifikasi atau reparasi berat. Tidak ada salahnya Anda memiliki kelengkapan peralatan ini untuk mengatasi masalah servis yang ada pada pelanggan.

  • 1 Gerinda Tangan = Rp600.000
  • 1 Gerinda Duduk = 000
  • 1 Bor Tangan = Rp300.000
  • 1 Kompresor Udara = Rp1.500.000

Total : Rp 2.600.000

Perlengkapan

Dalam operasional bengkel, Anda akan menemui kasus motor yang memerlukan pelumas, busi, gasket, baut, kampas, dan beberapa perlengkapan lain. Untuk itu, siapkan modal untuk membeli persediaan barang-barang tersebut.

  • Pelumas (Oli mesin, oli garden, minyak rem, dll) = Rp 3.000.000
  • Suku cadang (Busi, baut, kabel-kabel, dll) = Rp 3.000.000

Total : Rp 6.000.000

Total Modal yang Dibutuhkan untuk Usaha Bengkel Motor

Dengan perkiraan harga di atas, modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha bengkel motor adalah :

  • Sewa lahan = Rp30.000.000
  • Peralatan = Rp1.960.000
  • Peralatan mesin = Rp2.600.000
  • Perlengkapan = Rp6.000.000

Total : Rp40.560.000

Tentu saja, angka tersebut masih bisa disiasati dengan mencari pemilik lahan yang mau menyewakan lahannya dengan pembayaran berjangka. Anda pun bisa bekerja sama langsung dengan penyuplai pelumas untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, siapkan juga modal untuk membayar tenaga kerja mekanik dan karyawan pada tiga bulan pertama Anda merintis usaha.

Demikian sedikit gambaran perkiraan modal usaha café pinggir jalan serta sedikit gambaran bagaimana memulai usaha ini untuk pertama kali. Perincian harga bisa saja berbeda di setiap kota, estimasi di atas bisa saja kurang atau lebih besar.

Keuntungan yang didapat dari usaha bengkel motor memang sangat menjanjikan, akan tetapi Anda perlu memerhatikan keuangan usaha Anda. Jangan sampai keuntungan yang Anda dapat tidak dicatat dengan benar, hal ini akan membuat Anda merugi.

Catat semua operasional usaha Anda dengan IPOS! Bersama IPOS, Anda dapat mengetahui berapa jumlah keuntungan yang Anda dapat secara real time, serta stok bahan baku untuk memudahkan Anda mengembangkan usaha bengkel motor Anda.

Temukan juga info lebih lanjut mengenai fitur-fitur andalan IPOS. Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga

16 Agustus 2022
Salon Kecantikan : Peluang, Perkiraan Modal, dan Tipe-Tipenya
Bagi kaum perempuan, salah satu kebutuhan yang penting bagi mereka adalah terus tampil cantik. Beberapa hal pada diri mereka yang butuh perhatian khusus, di antaranya adalah kulit dan kuku mereka. Dengan demikian, banyak dari mereka yang cukup sering menghabiskan waktu untuk pergi ke salon kecantikna untuk menata dan merawat rambut mereka.

15 Agustus 2022
Franchise Klinik Kecantikan bisa Jadi Rekomendasi Bisnis
Menyadari perawatan wajah itu penting, banyak orang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi penampilan sempurna. Sehingga tidak heran jika semakin hari banyak bisnsi di bidang kecantikan semakin menjamur, termasuk franchise klinik kecantikan. Sama seperti bisnis franchise lainnya, Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan jika membuka klinik kecantikan yang sudah punya nama daripada memulai dari nol. Tentunya untuk mengawali Anda memerlukan modal yang cukup.

12 Agustus 2022
Pengusaha Sukses Luar Negeri ini Bisa Jadi Motivasi untuk Semangat Berbisnis!
Memulai suatu usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan terasa menakutkan. Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba. Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda tentu memerlukan motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain. Untuk mendapatkan motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak 10 sosok pengusaha sukses luar negeri lengkap dengan kisah inspiratif perjalanan usaha mereka.

12 Agustus 2022
Beda Menabung dan Investasi, Anda Prefer Mana?
Salah satu permasalahan keuangan yang sering kali menjadi perbincangan di kalangan masyarakat adalah anggapan mengenai menabung dan investasi merupakan kedua hal yang sama. Padahal anggapan tersebut adalah keliru alias tidak benar, sebab keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

10 Agustus 2022
Strategi Pemasaran Restoran ini Terbukti Efektif, Catat!
Sekitar empat sampai lima tahun yang lalu, untuk bersantap makanan dari restoran, kebanyakan pelanggan harus mendatangi restoran dan kafe yang dituju. Akses untuk mendapatkan makanan dengan cara yang lebih cepat belum tersedia seperti sekarang, di mana layanan pesan-antar online sudah marak. Hal tersebut juga mengubah model bisnis F&B yang awalnya tradisional kini menjadi sebuah model bisnis yang lebih modern.