5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker dalam Kehidupan

24 Juni 2022

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker dalam Kehidupan - Joker merupakan sebuah film thriller Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Todd Phillips, yang mengangkat kisah berdasarkan karakter antagonis musuh bebuyutan Bruce Wayne alias Batman karya DC Comics. Film ini dibintangi oleh beberapa artis papan atas seperti Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz, dan Frances Coroy. Merupakan hasil garapan rumah produksi Warner Bros Pictures, film Joker tayang serentak di bioskop Indonesia pada 2 Oktober 2019 lalu.

Joker sendiri bercerita tentang Arthur Fleck, seorang comedian tunggal di Gotham, kota yang terkenal akan kesenjangan sosial. Arthur yang berasal dari masyarakat kelas bawah mengalami kegagalan selama menjalani profesinya, tekanan psikis dan diabaikan masyarakt kota Gotham pun ia rasakan.

Suatu ketika, Arthur Fleck mengalami sebuah insiden buruk dalam hidupnya. Insiden tersebut lambat laun mengubah pemikiran Arthur Fleck menjadi seseorang yang bengis. Arthur Fleck pun mengubah namanya dan ingin dipanggil dengan nama Joker.

Menurut cerita, jika berbicara seorang Joker pastinya akan digambarkan sebagai sosok karakter psikopat gila hingga kejam yang sudah tertanam di dalam benak setiap orang. Tapi tahukah Anda? Dalam film satu ini terdapat 5 pelajaran bisnis yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan, lho.

Ada apa saja? Berikut pembahasan lebih jelasnya!

5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker

Ambil Risiko dan Hadapilah!

Sadarkah Anda, peluang dan kesempatan selalu ada di depan mata.  Namun tentu risiko di baliknya dapat mengintai sewaktu-waktu. Sebagai seorang pebisnis, mengambil risiko adalah hal yang tidak bisa Anda lewatkan. Jika tidak melakukannya, Anda tidak akan tahu apakah hal tersebut dapat memberikan dampak baik bagi bisnis atau tidak.

Ingat, ketika hendak mengambil risiko, kuncinya adalah mencoba dan belajar dari berbagai situasi. Apabila Anda memiliki produk berkualitas baik dan Anda menjualnya dengan sasaran yang tepat, tentu Anda dapat mendulang banyak keuntungan.

Di sisi lain, apabila Anda melakukan kesalahan, janganlah berhenti. Temukan jalan lain untuk melakukan perbaikan secara efisien.

Jika Rencana Tidak Berjalan dengan Baik, Siapkan Rencana Lainnya

Ingat ketika Arthur Fleck alias Joker tidak berhasil menemui Thomas Wayne, kandidat walikota Gotham? Rupanya ia mencari jalan lain.

Hal ini bisa menjadi pelajaran bisnis untuk Anda dalam film Joker yaitu ketika Anda telah merencanakan sesuatu untuk bisnis dan hal tersebut tidak berjalan dengan baik, jangan lupa untuk menyiapkan rencana-rencana lainnya.

Anda pasti tidak asing dengan kalimat “Banyak jalan menuju Roma”? Hal ini bisa menjadi salah satu panduan ketika Anda sedang membuat strategi bisnis atau marketing. Dengan begitu, Anda dapat mencapai tujuan tersebut dengan berbagai cara.

Riset itu Penting!

Bagi Anda yang sudah menonton Joker, pasti tahu bahwa  Arthur Fleck sempat mencari tahu soal masa lalu dirinya, termasuk tentang Ibunya yang menjadi satu-satunya keluarga yang ia miliki.

Hal ini pun bisa dijadikan pelajaran bisnis bahwa ketika Anda ingin memulai suatu bisnis, riset merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan pertama kali. Dengan melakukan riset, Anda bisa mendapatkan bermacam-macam informasi yang mampu mendukung berjalannya bisnis. Bagaimana cara melakukan riset? Anda dapat melakukan riset dengan bantuan internet, bertanya langsung kepada konsumen potensial, melakukan Focus Group Discussion (FGD), atau bertanya kepada pemilik bisnis lain.

Taklukkan Rasa Takut!

Sebelum memulai bisnis, rasa takut yang menghantui merupakan hal yang wajar. Takut gagal, takut produk tidak laku, takut konsumen tidak puas, serta ketakutan-ketakutan lainnya.

Yuk, bercermin dari perjalanan hidup Joker. Ketika melakukan sesuatu, rasanya ia tidak pernah dirundung rasa takut. Bahkan dalam film The Dark Knight sekali pun, ia tidak takut dengan Batman. Hal inilah yang membuatnya dinobatkan sebagai Villain terbaik sepanjang masa.

Dalam berbisnis, Anda harus menaklukan rasa takut tersebut! Dengan begitu, Anda bisa merasakan kebabasan untuk mencapai tujuan bisnis, meski tujuan tersebut nampaknya mustahil untuk dilakukan.

Siap dengan Kemungkinan Terburuk

Pelajaran bisnis dari film Joker terakhir yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah Anda perlu siap dengan kemungkinan terburuk.

Dibandingkan memiliki rencana yang sempurna, Joker lebih memilih untuk melakukan persiapan akan skenario terburuk yang bisa saja terjadi.

Dalam dunia bisnis, rencana dan strategi merupakan dua hal krusial untuk mencapai kesuksesan. Namun, bagaimana jika tidak tercapai? Persiapan yang matang jawabannya! Sebagai pebisnis, Anda harus bisa beradaptasi dengan berbagai situasi.

Sebagai contoh, Anda membuka bisnis f&b dengan konsep tempat duduk outdoor. Salah satu kemungkinan terburuk yang akan terjadi ialah hujan. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan ruangan indoor yang memungkinkan pengunjung untuk tetap bisa menikmati menu-menu di tempat Anda. Sehingga meskipun hari sedang hujan, Anda tetap bisa mendapatkan pemasukan.

Itulah dia 5 pelajaran bisnis dari film Joker yang bisa diterapkan dalam kehidupan. Teruntuk Anda yang belum menonton, film Joker bisa menjadi rekomendasi teman nonton menemani weekend Anda.

IPOS merupakan software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi yang menyediakan fitur-fitur unggulan. Tidak hanya itu saja, IPOS juga bisa membantu Anda dalam urusan pencatatan dan pelaporan keuangan. Apapun jenis bisnis yang sedang Anda jalani sekarang, IPOS siap membantu kegiatan operasional sehari-hari Anda.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga
  »
1 Juli 2022
Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan
Banyak pertanyaan yang menghampiri pelaku usaha ialah apa yang harus mereka lakukan agar produk disukai dan diminati konsumen? Atau bagaimana trik strategi marketing yang baik untuk bisnis mereka? Mengetahui cara pemasaran produk yang benar memang menjadi hal terpenting ketika Anda menjalankan usaha, sebab berhubungan dengan performa bisnis. Maka dari itu, pebisnis perlu menerapkan trik marketing produk yang efektif.

  »
30 Juni 2022
Tips Mendekor Toko ala Instagram Agar Ramai Pelanggan
Tampilan desain toko kadang terabaikan oleh banyak pemilik toko kecil, mereka terlalu fokus dengan persaingan harga. Padahal dengan semakin menjamurnya kegiatan jual beli online dan e-commerce sekarang ini, usaha toko fisik jadi kalah saing. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda yang berencana membuka usaha toko untuk membuat konsep dengan baik desain dan layout toko Anda. Konsep desain yang menarik dapat membuat pelanggan tertarik untuk datang langsung membeli produk yang Anda jual. Bahkan ketika desain toko  Anda membuat mereka nyaman, mereka bisa saja memutuskan datang lagi dan lagi.

  »
29 Juni 2022
Hardware Kasir : Perangkat Pendukung dalam Program Kasir
POS atau point of sales merupakan sebuah sistem yang memadukan antara perangkat lunak dan hardware kasir yang digunakan untuk membantu proses transaksi penjualan. Karena dinilai sangat membantu dalam operasional sehari-hari, kini banyak pelaku usaha yang menggunakannya. Jika Anda tertarik, lebih baik Anda mengenali perangkat pendukung Hardware kasir yang biasa digunakan untuk Program kasir berikut ini.

  »
28 Juni 2022
Modal Bisnis Kopi : Perkiraan dan Cara Mendapatkannya
Bisnis coffe shop alias kedai kopi memang sedang berkembang pesat beberapa tahun ke belakang ini. Gelombang third wave coffe telah membawa bisnis kopi lebih dari sekadar tempat duduk-duduk orang tua yang sedang santai. Anak-anak muda penikmat kopi pun bermunculan dan menjadikan minuman ini lebih dari sekadar konsumsi melainkan bagian dari gaya hidup. Sebagai kelompok usia paling konsumtif, anak-anak muda yang mulai ikut ngopi menciptakan peluang yang besar bagi para pebisnis. Bisnis kopi kini menggeliat pesat. Dengan berbagai konsep, berbagai produk, dan ide-ide memunculkan ribuan coffe shop unik di seluruh Indonesia. Lantas kira-kira berapakah modal bisnis kopi dan bagaimana cara mendapatkannya?

  »
27 Juni 2022
Tips Memulai Usaha Warung Kopi untuk Para Pemula
Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memproduksi kopi siap minum. Hal ini tentunya menjadi peluang untuk usaha yang potensial. Terutama riset dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian milik Kementerian Pertanian menyatakan bahwa konsumsi kopi masyarakat Indonesia pada tahun 2016-2021 saja tumbuh sebanyak 8.22% per tahun. Sehingga walau banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bidang ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.