Tips Merekrut Akuntan Terbaik untuk Majukan Bisnis

23 Juni 2022

Tips Merekrut Akuntan Terbaik untuk Majukan Bisnis - Perusahaan yang baru berdiri banyak sekali menghadapi permasalahan. Salah satu di antaranya adalah kebingungan melaporkan kinerja keuangan yang dimiliki mereka. Perusahaan startup akhirnya merekrut akuntan untuk membantu mereka mengatasi kesulitan ini.

Biarpun begitu, merekrut akuntan bukanlah perkara mudah. Dalam menyewa akuntan juga perlu memperhatikan kemahirannya dalam pembukuan dan teknologi. Hal ini karena pekerjaan akuntan terkadang dalam membuat laporan keuangan juga didukung dengan penggunaan software akuntansi.

Kegiatan Akuntansi

Sebelum melakukan pemilihan seorang akuntan, owner bisnis harus mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi akuntansi itu. Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan. Pelaporan dipergunakan untuk menghitung laba perusahaan ataupun pajak yang harus dibayar pada periode tertentu.

Kegiatan akuntansi juga merupakan suatu kegiatan dimana kinerja perusahaan dapat dinilai dengan angka. Hasil dari kegiatan ini adalah laporan keuangan yang dapat dimanfaatkan untuk menarik investor atau mendapatkan tambahan suntikan dana dari perbankan.

Kegiatan pembukuan tidak boleh diabaikan oleh owner atau pimpinan perusahaan. Pembukuan dapat membantu perusahaan untuk tracking pengeluaran yang sudah dilakukan selama jangka waktu tertentu. Aktivitas pencatatan ini sebenarnya dapat dilakukan oleh pemilik tersendiri atau dirangkap oleh kasir. Walaupun sebenarnya kegiatan ini tidak direkomendasikan untuk perusahaan dalam skala yang besar.

Lalu kapan Anda harus merekrut seorang akuntan? Jika kegiatan keuangan perusahaan belum terlalu kompleks mempekerjakan seorang akuntan adalah pemborosan. Akuntan akan dibutuhkan jika perusahaan tidak lagi sanggup menghandle transaksi keuangan yang semakin hari semakin banyak.

5 Tips Merekrut Akuntan Terbaik untuk Majukan Bisnis

Pengalaman yang Relevan

Inilah tips merekrut akuntan terbaik yang pertama kali bisa Anda lakukan. Setiap industri bisnis memiliki pengelolaan finansial yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatasi pencarian terhadap calon akuntan Anda yang memiliki pengalaman dan sudah mengenal selak beluk finansial di industri bisnis yang Anda jalani. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mencari calon yang memiliki pengalaman mengelola finansial sebuah bisnis yang sedikit lebih besar dari bisnis Anda. Mengapa? Hal ini tentunya akan mempermudah Anda dan calon akuntan untuk terus mengelola finansial bahkan ketika bisnis berkembang dengan pesat.

Gunakan Koneksi

Dalam memasang lowongan kerja akuntan, jangan pernah ragu untuk menawarkan dan bertanya pada orang terdekat hingga rekan bisnis ketika mencari kandidat yang tepat. Hal ini bisa saja orang terdekat Anda merupakan akuntan profesional yang Anda cari. Dengan demikian, merekrut akuntan terbaik pun tak akan terlalu sulit.

Cari yang Memiliki Kemampuan Analisis Baik

Salah satu ciri akuntan terbaik adalah akuntan yang dapat mengelola dan menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu dan selalu menyuguhkan Anda dengan laporan yang akurat. Namun, akuntan yang hebat ialah orang yang dapat memberikan Anda saran bagaimana menjalankan bisnis secara efisien. Akuntan ini juga dapat menganalisa aliran dana dengan baik dan juga mengetahui ketika Anda mengeluarkan terlalu banyak uang.

Hal lainnya adalah, akuntan ini juga mengerti akan hukum-hukum pajak dan cara mengimplementasikannya sekaligus dapat membantu Anda untuk menyimpan dan menghemat keuangan Anda tanpa harus melanggar hukum.

Harus Proaktif

Pilih akuntan terbaik yang memiliki sifat yang proaktif sehingga dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis agar lebih sukses.

Banyak dari para pelaku usaha yang melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, dengan memiliki akuntan yang proaktif, Anda dapat lebih mudah dan tenang dalam mengambil keputusan. Karena setiap keputusan yang diambil berdasarkan data finansial yang sebelumnya telah diberikan oleh akuntan mengenai isu potensial yang Anda akan hadapi nantinya.

Tech Savvy

Ini dia tips merekrut akuntan terbaik selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Sekarang ini, di mana hampir seluruh aktivitas menggunakan teknologi, Anda juga harus mencari kandidat yang memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi dan menganalisa data yang disimpan secara online.

Tidak seperti dahulu dimana pengelolaan finansial masih menggunakan cara manual, sekarang ini banyak teknologi bermunculan untuk dapat mendukung jalannya bisnis termasuk laporan penjualan dan finansial.

Misalnya saja IPOS, software toko yang sudah terintegrasi dengan akuntansi untuk mengatur data-data penjualan. Maka dari itu, kandidat Anda dapat memahami dan menganalisis dari data-data yang tersimpan di teknologi tersebut.

Coba gratis IPOS di sini untuk mendapatkan bantuan dalam pencatatan laporan keuangan dengan mudah dan tepat.



Baca juga
  »
1 Juli 2022
Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan
Banyak pertanyaan yang menghampiri pelaku usaha ialah apa yang harus mereka lakukan agar produk disukai dan diminati konsumen? Atau bagaimana trik strategi marketing yang baik untuk bisnis mereka? Mengetahui cara pemasaran produk yang benar memang menjadi hal terpenting ketika Anda menjalankan usaha, sebab berhubungan dengan performa bisnis. Maka dari itu, pebisnis perlu menerapkan trik marketing produk yang efektif.

  »
30 Juni 2022
Tips Mendekor Toko ala Instagram Agar Ramai Pelanggan
Tampilan desain toko kadang terabaikan oleh banyak pemilik toko kecil, mereka terlalu fokus dengan persaingan harga. Padahal dengan semakin menjamurnya kegiatan jual beli online dan e-commerce sekarang ini, usaha toko fisik jadi kalah saing. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda yang berencana membuka usaha toko untuk membuat konsep dengan baik desain dan layout toko Anda. Konsep desain yang menarik dapat membuat pelanggan tertarik untuk datang langsung membeli produk yang Anda jual. Bahkan ketika desain toko  Anda membuat mereka nyaman, mereka bisa saja memutuskan datang lagi dan lagi.

  »
29 Juni 2022
Hardware Kasir : Perangkat Pendukung dalam Program Kasir
POS atau point of sales merupakan sebuah sistem yang memadukan antara perangkat lunak dan hardware kasir yang digunakan untuk membantu proses transaksi penjualan. Karena dinilai sangat membantu dalam operasional sehari-hari, kini banyak pelaku usaha yang menggunakannya. Jika Anda tertarik, lebih baik Anda mengenali perangkat pendukung Hardware kasir yang biasa digunakan untuk Program kasir berikut ini.

  »
28 Juni 2022
Modal Bisnis Kopi : Perkiraan dan Cara Mendapatkannya
Bisnis coffe shop alias kedai kopi memang sedang berkembang pesat beberapa tahun ke belakang ini. Gelombang third wave coffe telah membawa bisnis kopi lebih dari sekadar tempat duduk-duduk orang tua yang sedang santai. Anak-anak muda penikmat kopi pun bermunculan dan menjadikan minuman ini lebih dari sekadar konsumsi melainkan bagian dari gaya hidup. Sebagai kelompok usia paling konsumtif, anak-anak muda yang mulai ikut ngopi menciptakan peluang yang besar bagi para pebisnis. Bisnis kopi kini menggeliat pesat. Dengan berbagai konsep, berbagai produk, dan ide-ide memunculkan ribuan coffe shop unik di seluruh Indonesia. Lantas kira-kira berapakah modal bisnis kopi dan bagaimana cara mendapatkannya?

  »
27 Juni 2022
Tips Memulai Usaha Warung Kopi untuk Para Pemula
Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memproduksi kopi siap minum. Hal ini tentunya menjadi peluang untuk usaha yang potensial. Terutama riset dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian milik Kementerian Pertanian menyatakan bahwa konsumsi kopi masyarakat Indonesia pada tahun 2016-2021 saja tumbuh sebanyak 8.22% per tahun. Sehingga walau banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bidang ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.