Tips Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Fashion yang Mandek

21 Juni 2022

Tips Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Fashion yang Mandek - Fashion menjadi salah satu pilihan bisnis yang cukup menguntungkan hingga saat ini. Meski terlihat mudah dalam memulai dan mengelolanya, ternyata menjalankan bisnis ini gampang-gampang susah, lho. Anda butuh cara yang tepat untuk mengelola strategi meningkatkan penjualan produk fashion, agar penjualan dapat berkembang.

Jelas, bisnis fashion semakin menggairahkan. Meski masyarakat Indonesia banyak terpapar oleh gaya dan budaya Barat, industri ini malah tidak mau kalah kreatif. Saking banyaknya pebisnis yang terjun ke industri fashion, tentu Anda wajib tahu bagaimana harus bersaing dan menonjol dibandingkan pebisnis fashion lainnya.

Di samping itu, pastinya Anda juga bukan hanya ingin meningkatkan brand awareness saja, bukan? Penjualan juga harus ditingkatkan! Untuk itu, mari simak 7 tips meningkatkan penjualan untuk bisnis fashion yang mandek berikut ini.

7 Tips Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Fashion

Paid Promote di Media Sosial

Inilah tips meningkatkan penjualan untuk bisnis fashion yang pertama. Untuk Anda yang belum tahu, paid promote merupakan layanan jasa promosi berbayar yang baisanya dilakukan oleh akun-akun influencer atau buzzer, terutama di Instagram.

Untuk melakukan promosi berbayar, pelaku bisnis harus mencari siapa saja influencer atau buzzer yang memang cocok dengan bisnis yang dijalani. Sebagai contoh, Anda menjual sepatu olahraga. Anda pun bisa memilih influencer yang memang niche media sosialnya seputar fashion atau gaya hidup. Atau, bisa juga yang berhubungan dengan olahraga dan traveling.

Permintaan Endorsement Influencer

Apa perbedaan endorsement dan paid promote? Bedanya dengan paid promote, kali ini pelaku bisnis harus mengirimkan produk fashion-nya kepada influencer secara langsung. Dengan begitu, influencer bisa mencoba produk dan memberikan ulasan jujur mengenai brand.

Pada praktiknya, brand pun dapat memberikan kebebasan kepada si influencer untuk memilih produk yang mereka sukai.

Lantas, apa sih kelebihan endorsement? Konten berupa video dan foto akan disiapkan oleh influencer sehingga Anda tidak perlu pusing membuat konten lagi. Kemudian, konten yang dibuat pun biasanya bisa Anda pakai di media sosial toko online Anda.

Membuat Iklan yang Menarik

Pernah mencoba tips meningkatkan penjualan bisnis fashion yang satu ini? Ya, ada berbagai macam cara untuk membuat iklan yang menarik. Namun, tentu Anda harus tahu dulu di mana Anda akan memasang iklan yang dibuat Di TV, radio, koran, website online, atau di mana?

Dengan mengetahui lokasinya, Anda pun bisa memutuskan berapa budget yang harus dikeluarkan.

Kemudian, dalam pembuatan iklan pun harus kreatif dan out of the box. Jangan lupa, beri tahukan pesan dengan lugas dan buatlah copywriting yang menohok sehingga target market Anda bisa langsung tertarik dengan produk fashion Anda.

Membuka Bazar di Kota-Kota Lain

Membuka bazar menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan bisnis fashion, juga memperkenalkan brand Anda kepada masyarakat lebih luas.

Dengan mengikuti bazar, merchant pun dapat bergabung dengan komunitas pebisnis fashion lainnya Siapa tahu, ke depannya Anda dapat berkolaborasi bersama?

Berikan Promo Menarik untuk Pembeli

Ada berbagai macam promo yang dapat digencarkan, misalnya promo cashback 30%, diskon 50% untuk pembelian kedua, dan sebagainya. Namun, jika promo diskon sudah terlalu biasa, mengapa tidak menawarkan promo berbeda?

Misalnya, Anda memiliki outlet fashion yang bersebelahan langsung dengan sebuah kedai kopi. Coba tawarkan kepada pelanggan Anda, apabila membeli produk fashion di outlet Anda dengan minimum pembelian Rp500.000, pelanggan bisa mendapatkan satu gelas kopi susu gratis.

Tips meningkatkan penjualan bisnis fashion yang menarik bukan?

Memperluas Kanal Penjualan

Mungkin selama ini Anda hanya memiliki offline store di satu tempat. Nah, jika ingin meningkatkan penjualan, tentu Anda harus membuat masyarakat mengenal brand Anda. Dengan cara apa? Membuka online store, berjualan lewat media sosial, serta memanfaatkan berbagai macam e-commerce di Indonesia.

Berkolaborasi dengan Pihak Lain

Menjalani bisnis seorang diri tidak selamanya menyenangkan. Harus ada pemantik keseruan, yakni ketika Anda berbisnis dengan pihak lain.

Beberapa contoh kerja sama atau kolaborasi yang dapat diusung, misalnya memamerkan koleksi pakaian terbaru di Jakarta Fashion Week, hasil kolaborasi dengan desainer fashion muda. Atau, Anda juga dapat bekerja sama dengan lembaga nonprofit dengan ketentuan, misalnya setiap pembelian 1 pasang sepatu, artinya pembeli turut menyumbang 1 produk yang sama untuk anak-anak di pelosok Indonesia.

Nah, itulah dia 7 tips meningkatkan penjualan bisnis fashion Anda. Selamat menerapkan tips-tips di atas ya. IPOS merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Karena dengan bantuan IPOS, proses transaksi dapat lebih cepat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Fashion Anda.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga
  »
1 Juli 2022
Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan
Banyak pertanyaan yang menghampiri pelaku usaha ialah apa yang harus mereka lakukan agar produk disukai dan diminati konsumen? Atau bagaimana trik strategi marketing yang baik untuk bisnis mereka? Mengetahui cara pemasaran produk yang benar memang menjadi hal terpenting ketika Anda menjalankan usaha, sebab berhubungan dengan performa bisnis. Maka dari itu, pebisnis perlu menerapkan trik marketing produk yang efektif.

  »
30 Juni 2022
Tips Mendekor Toko ala Instagram Agar Ramai Pelanggan
Tampilan desain toko kadang terabaikan oleh banyak pemilik toko kecil, mereka terlalu fokus dengan persaingan harga. Padahal dengan semakin menjamurnya kegiatan jual beli online dan e-commerce sekarang ini, usaha toko fisik jadi kalah saing. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda yang berencana membuka usaha toko untuk membuat konsep dengan baik desain dan layout toko Anda. Konsep desain yang menarik dapat membuat pelanggan tertarik untuk datang langsung membeli produk yang Anda jual. Bahkan ketika desain toko  Anda membuat mereka nyaman, mereka bisa saja memutuskan datang lagi dan lagi.

  »
29 Juni 2022
Hardware Kasir : Perangkat Pendukung dalam Program Kasir
POS atau point of sales merupakan sebuah sistem yang memadukan antara perangkat lunak dan hardware kasir yang digunakan untuk membantu proses transaksi penjualan. Karena dinilai sangat membantu dalam operasional sehari-hari, kini banyak pelaku usaha yang menggunakannya. Jika Anda tertarik, lebih baik Anda mengenali perangkat pendukung Hardware kasir yang biasa digunakan untuk Program kasir berikut ini.

  »
28 Juni 2022
Modal Bisnis Kopi : Perkiraan dan Cara Mendapatkannya
Bisnis coffe shop alias kedai kopi memang sedang berkembang pesat beberapa tahun ke belakang ini. Gelombang third wave coffe telah membawa bisnis kopi lebih dari sekadar tempat duduk-duduk orang tua yang sedang santai. Anak-anak muda penikmat kopi pun bermunculan dan menjadikan minuman ini lebih dari sekadar konsumsi melainkan bagian dari gaya hidup. Sebagai kelompok usia paling konsumtif, anak-anak muda yang mulai ikut ngopi menciptakan peluang yang besar bagi para pebisnis. Bisnis kopi kini menggeliat pesat. Dengan berbagai konsep, berbagai produk, dan ide-ide memunculkan ribuan coffe shop unik di seluruh Indonesia. Lantas kira-kira berapakah modal bisnis kopi dan bagaimana cara mendapatkannya?

  »
27 Juni 2022
Tips Memulai Usaha Warung Kopi untuk Para Pemula
Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memproduksi kopi siap minum. Hal ini tentunya menjadi peluang untuk usaha yang potensial. Terutama riset dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian milik Kementerian Pertanian menyatakan bahwa konsumsi kopi masyarakat Indonesia pada tahun 2016-2021 saja tumbuh sebanyak 8.22% per tahun. Sehingga walau banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bidang ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.