Prospek Usaha : Pengertian dan Cara Mendapatkannya

20 Juni 2022

Prospek Usaha : Pengertian dan Cara Mendapatkannya - Bagi para pebisnis pastinya sudah tidak asing dengan istilah prospek usaha. Sebelum melakukan sebuah bisnis, pebisnis biasanya akan melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Pengertian prospek usaha sendiri adalah suatu harapan atau kemungkinan (KBBI). Bila diartikan secara sederhana, prospek usaha berarti suatu potensi yang dimiliki untuk menghasilkan dampak tertentu. Bila dikaitkan dengan bisnis, dampak disini adalah suatu keuntungan untuk bisnis tersebut.

Pengertian Prospek Usaha

Secara sederhananya, prospek usaha adalah calon pembeli/pelanggan/konsumen yang memiliki keinginan terhadap suatu produk atau jasa.

Dimana calon pembeli ini nantinya akan diharapkan dan memiliki kemungkinan untuk membeli barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah bisnis.

Pengertian Prospek Usaha Menurut Ahli

Beberapa ahli juga memiliki pengertian sendiri mengenai prospek usaha, di antaranya :

  • Siswanto Sutojo : 1945

Prospek usaha adalah suatu gambaran jelas terkait peluang dan juga ancaman dari suatu aktivitas pemasaran dan juga penjualan di masa yang akan datang.

  • Bilson Somamora : 2001

Prospek usaha adalah kelompok, organisasi, atau individu yang dinilai memiliki potensi dalam melakukan suatu pertukaran bisnis, atau calon pembeli yang memiliki kemauan pada suatu produk ataupun jasa.

  • M Ridki Zarkasyi : 2013

Pengertian prospek usaha adalah suatu gambaran keberlangsungan suatu ide di masa depan yang berupa peluang yang masih harus diadaptasikan dengan berbagai keterbatasan dan kondisi yang melingkupinya.

  • Paul R. Krugman

Prospek usaha adalah peluang yang timbul atas usaha seseorang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meraih kemungkinan.

  • Djasmin

Prospek usaha adalah kebijakan yang diambil perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan cara memanfaatkan semua peluang dan mengatasi semua hambatan yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Istilah prospek lebih sering digunakan dalam dunia bisnis untuk menentukan kemungkinan-kemungkinan peluang dan risiko yang akan muncul dalam kegiatan pemasaran dan penjualan yang bersifat tidak pasti. Karena itulah, definisi para ahli di atas merupakan definisi berdasarkan sudut pandang bisnis atau perusahaan.

Pengertian Prospek Usaha Menurut Penempatannya

Selain di dunia bisnis, istilah prospek ternyata juga digunakan di beberapa tempat lainnya. Tempat-tempat tersebut adalah :

  • Pekerjaan

Di dalam dunia kerja, dikenal dengan istilah prospek kerja. Prospek kerja adalah peluang kerja yang tersedia di masa depan. Contoh dari prospek ini adalah dokter dimana prospek untuk menjadi seorang dokter adalah mahasiswa jurusan kedokteran saja.

  • Karir

Prospek karir adalah peluang bagi seorang karyawan untuk mendapatkan promosi dan jenjang karir yang lebih baik di dalam suatu perusahaan di masa yang akan datang.

  • Usaha

Prospek usaha adalah gambaran tentang keberlangsungan suatu usaha di masa depan yang memiliki kemungkinan untuk menjadi lebih baik, bertahan di posisi saat ini, atau bangkrut.

  • Ekonomi

Pengertian dari prospek ekonomi adalah suatu gambaran kondisi ekonomi pada suatu negara pada masa yang akan datang. Contoh prospek ini adalah bila suatu negara dilanda krisis, banyaknya utang, dan sering terjadi peperangan maka prospek ekonomi di negara tersebut sangatlah buruk.

Cara Mendapatkan Prospek Usaha

Setiap hari, seorang penjual harus mencari cara untuk dapat menjual produk atau jasanya. Artinya, dia harus mendapatkan prospek atau calon pembeli. Lantas bagaimana cara menemukan prospek yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan?

The Endless Chain (Referensi)

Teknik yang paling handal dan paling banyak digunakan oleh para sales axecutive sebagai cara menemukan prospek atau calon pelanggan adalah dengan mendapatkan referensi. Mereka akan mencarinya dengan menemukan referensi lewat rekan bisnis atau rekan kerja.

Para salesman itu akan melakukan aktivitas prospecting dengan meminta referensi dari kenalan atau rekan bisnisnya untuk menemukan calon pembeli potensial. Untuk mendapatkan prospek lebih maksimal, cobalah untuk mencari rekan kerja yang memiliki jiwa kepemimpinan kuat dan dapat bekerja sama dengan baik.

The Center of Influence (Tokoh Masyarakat)

Di daerah manapun, akan selalu ada tokoh masyarakat atau orang-orang yang disegani, dihormati, dan dituakan. Setiap ucapan dan tindakan mereka menjadi panutan warga di sekitarnya.

Biasanya, ketokohan itu terjadi karena faktor agama, sosial, pendidikan, dan lainnya. Pada umumnya, mereka memiliki referensi atau mengetahui siapa saja orang yang cocok untuk menjadi calon konsumen produk Anda. Berusahalah mendekati dan meminta bantuan para tokoh masyarakat itu dalam mencari calon konsumen yang Anda butuhkan.

Anda bisa memberikan sebuah hadiah sebagai tanda terima kasih kepada mereka bila prospek berhasil menjadi konsumen baru produk atau jasa Anda.

Direct Demonstration (Demo Langsung di Tempat)

Cara ini dapat dilakukan dengan mengunjungi suatu tempat dan meminta izin kepada pemilik tempat agar Anda dapat melakukan demo produk. Atau, Anda mengundang para prospek untuk datang ke tempatmu bila Anda sudah memiliki tempat sendiri untuk mendemo produk Anda.

Seringkali demo dilakukan di suatu tempat yang sedang melakukan acara tertentu seperti arisan, reuni, kumpul keluarga, dan lainnya. Carilah daerah yang ramai dan strategis agar semakin banyak prospek potensial datang mendekat.

Canvassing (Berkeliling)

Canvassing adalah salah satu cara menemukan prospek. Aktivitas ini dilakukan para salesman untuk melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pembeli melalui kontak telepon, surat elektronik, atau melakukan kunjungan langsung.

Makin banyak melakukan canvassing, tentunya makin banyak komunikasi tercipta. Akhirnya makin besar kemungkinan terjadinya penjualan. Dengan cara berkeliling kota atau mengunjungi suatu daerah, para canvasser ini menyebarkan brosur atau pamflet agar para prospek usaha adalah tahu apa yang mereka tawarkan.

Biasanya mereka pun meminta izin untuk mendemokan produk yang ditawarkan.

Personal Observation (Observasi Pribadi)

Metode terakhir ini merupakan pelengkap dari semua poin sebelumnya. Para salesman melakukannya secara mandiri dengan cara memperhatikan sekelilingnya saat mencari prospek.

Cara ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda pun dapat mencoba menerapkannya saat bertemu teman atau saudara pada suatu pesta atau ketika pergi mengunjungi sebuah tempat.

Kini Anda sudah mengetahui arti dari prospek usaha dan cara mendapatkannnya dari artikel dia tas. Prospek artinya konsumen umum yang potensial untuk dapat melakukan pembelian barang atau jasa terhadap apa yang Anda tawarkan.

Akan lebih mudah jika Anda menggunakan IPOS untuk memudahkan segala usaha yang sedang Anda kerjakan.

Coba gratis IPOS di sini



Baca juga
  »
1 Juli 2022
Trik Marketing Paling Efektif agar Bisnis Cuan
Banyak pertanyaan yang menghampiri pelaku usaha ialah apa yang harus mereka lakukan agar produk disukai dan diminati konsumen? Atau bagaimana trik strategi marketing yang baik untuk bisnis mereka? Mengetahui cara pemasaran produk yang benar memang menjadi hal terpenting ketika Anda menjalankan usaha, sebab berhubungan dengan performa bisnis. Maka dari itu, pebisnis perlu menerapkan trik marketing produk yang efektif.

  »
30 Juni 2022
Tips Mendekor Toko ala Instagram Agar Ramai Pelanggan
Tampilan desain toko kadang terabaikan oleh banyak pemilik toko kecil, mereka terlalu fokus dengan persaingan harga. Padahal dengan semakin menjamurnya kegiatan jual beli online dan e-commerce sekarang ini, usaha toko fisik jadi kalah saing. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda yang berencana membuka usaha toko untuk membuat konsep dengan baik desain dan layout toko Anda. Konsep desain yang menarik dapat membuat pelanggan tertarik untuk datang langsung membeli produk yang Anda jual. Bahkan ketika desain toko  Anda membuat mereka nyaman, mereka bisa saja memutuskan datang lagi dan lagi.

  »
29 Juni 2022
Hardware Kasir : Perangkat Pendukung dalam Program Kasir
POS atau point of sales merupakan sebuah sistem yang memadukan antara perangkat lunak dan hardware kasir yang digunakan untuk membantu proses transaksi penjualan. Karena dinilai sangat membantu dalam operasional sehari-hari, kini banyak pelaku usaha yang menggunakannya. Jika Anda tertarik, lebih baik Anda mengenali perangkat pendukung Hardware kasir yang biasa digunakan untuk Program kasir berikut ini.

  »
28 Juni 2022
Modal Bisnis Kopi : Perkiraan dan Cara Mendapatkannya
Bisnis coffe shop alias kedai kopi memang sedang berkembang pesat beberapa tahun ke belakang ini. Gelombang third wave coffe telah membawa bisnis kopi lebih dari sekadar tempat duduk-duduk orang tua yang sedang santai. Anak-anak muda penikmat kopi pun bermunculan dan menjadikan minuman ini lebih dari sekadar konsumsi melainkan bagian dari gaya hidup. Sebagai kelompok usia paling konsumtif, anak-anak muda yang mulai ikut ngopi menciptakan peluang yang besar bagi para pebisnis. Bisnis kopi kini menggeliat pesat. Dengan berbagai konsep, berbagai produk, dan ide-ide memunculkan ribuan coffe shop unik di seluruh Indonesia. Lantas kira-kira berapakah modal bisnis kopi dan bagaimana cara mendapatkannya?

  »
27 Juni 2022
Tips Memulai Usaha Warung Kopi untuk Para Pemula
Sebagai produsen kopi berkualitas, Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memproduksi kopi siap minum. Hal ini tentunya menjadi peluang untuk usaha yang potensial. Terutama riset dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian milik Kementerian Pertanian menyatakan bahwa konsumsi kopi masyarakat Indonesia pada tahun 2016-2021 saja tumbuh sebanyak 8.22% per tahun. Sehingga walau banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bidang ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah.