Membuat Toko Online? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!

12 Januari 2022

Membuat Toko Online? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini - Internet telah membuat segalanya menjadi lebih mudah. Dari yang awalnya hanya berjualan di toko fisik, kini siapa saja dapat menjual produknya di toko online. Kegiatan perdagangan dari Sabang hingga Merauke dapat dilakukan dengan instan.

Meski potensi toko online dalam menggerakkan ekonomi sangat besar, masih banyak pelaku usaha khususnya pebisnis pemula belum berani untuk mulai memasarkan produknya secara online dengan berbagai alasan. Mulai dari rendahnya kepercayaan mereka terhadap aspek keamanan online shop itu sendiri hingga belum menguasai teknologi terkini.

Memulai usaha dalam dunia maya sebenarnya tidaklah begitu sulit. Semua orang dapat melakukannya asalkan memiliki sumber informasi yang tepat, alat untuk melakukannya, dan juga yang tidak kalah penting ialah keinginan untuk mempelajari hal baru.

Oleh karena itu, supaya Anda semakin yakin untuk memulai bisnis online, perhatikan beberapa hal berikut sebelum Anda membuat toko online.

Ide Bisnis Online

Untuk Anda para pemula yang baru ingin terjun ke dunia bisnis online, berikut beberapa ide bisnis online yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

  1. Reseller

Menjadi reseller juga dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan untuk Anda. Akan tetapi, Anda perlu menyiapkan modal untuk membeli barang untuk Anda jual kembali. Karena untuk menjadi seorang reseller, biasanya perlu menyetok barangnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kualitas dari produk secara langsung, dan keuntungan yang didapat bisa maksimal. Pihak supplier juga biasanya akan memberikan diskon khusus untuk reseller.

  1. Dropship

Berbeda dengan reseller, dengan sistem dropship Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk memulai bisnis. Karena Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual sehingga tidak menyetok barang terlebih dahulu. Bila ada calon pembeli yang memesan, maka Anda akan meneruskan pesanan kepada supplier. Dengan sistem dropship ini, Anda bisa menjual barang dari beberapa supplier.

  1. Jasa Titip

Bisnis satu ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi Anda. Dengan cara Anda hanya perlu memberikan informasi produk dari toko tertentu. Lalu, tawarkan jasa titip beli produk tersebut. Keuntungan akan didapat dari fee tambahan yang telah Anda tentukan untuk setiap produk dalam transaksi.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan sebelum Membuat Toko Online

Sebelum membuat toko online, Anda perlu menyiapkan beberapa hal yang menyangkut produk dan platform online yang ingin digunakan saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk membuat toko online.

  1. Nama Toko Online

Sebelum membuat toko online, pastikan terlebih dahulu Anda telah memiliki nama untuk toko online Anda. Dalam membuat nama toko online, Anda bisa merujuk kepada nama toko offline Anda dengan syarat nama tersebut belum digunakan oleh toko online lainnya. Untuk itu, siapkan beberapa list nama yang sekiranya cocok menggambarkan bisnis Anda, kemudian lakukan riset di internet guna memastikan taka da toko yang sama.

Karena ketika Anda memilih nama yang telah digunakan oleh bisnis lain terlebih dahulu, hal tersebut akan membingungkan pelanggan. Selain itu, terdapat kemungkinan sang pemilik nama akan melayangkan protes atau gugatan ke Anda, Oleh karena itu, pastikan nama yang Anda pilih benar-benar belum digunakan sama sekali untuk mencegah beberapa masalah di kemudian hari.

  1. Persiapkan Domain untuk Toko Online

Domain merupakan semacam alamat yang memudahkan pengguna internet dalam menemukan bisnis Anda. Tanpa adanya domain yang mudah diingat, toko online Anda akan sulit berkembang.

Secara garis besar, domain sendiri terdiri dari tiga jenis domain. Yaitu  top level domain (TLD), second level domain (SLD), dan third level domain (TLD). Melihat pentingnya pemilihan domain, disarankan memilih nama yang unik supaya tidak ada pengguna yang sama dan dibuat secara sederhana agar konsumen dapat mengingatnya dnegan mudah.

  1. Tentukan Produk

Setiap toko tentu harus memiliki produk yang dijual. Namun, menentukan produk apa yang dijual saja tidak cukup. Anda juga harus mampu mengemas produk tersebut dan menampilkannya dengan baik supaya pelanggan tertarik untuk membelinya.

  1. Pilih Demografi Konsumen

Dalam bisnis, beriklan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Seperti yang sudah dijelaskan, toko online memungkinkan Anda dalam melakukan targeting ads untuk memastikan iklan Anda sampai ke orang yang tepat. Untuk itu Anda harus tahu betul demografi yang tepat untuk usaha Anda.

  1. Buat Konten untuk Menciptakan traffic

Saat ini, semua orang mengonsumsi ratusan konten setiap harinya. Maka dari itu, konten menjadi magnet yang tepat untuk menarik traffic menuju toko online Anda. Dari traffic  inilah yang memungkinkan pembelian oleh pelanggan Anda dapatkan.

Anda bebas memilih apakah ingin konten khusus untuk di website toko online saja, khusus untuk media sosial, atau keduanya. Kebanyakan toko online menjalankan keduanya, yaitu membuat konten blog di website untuk meningkatkan awareness sekaligus product knowledge, dan konten di halaman media sosial sebagai ajang promosi.

Jangan lupa untuk melengkapi toko online Anda dengan sistem bisnis yang memadai. Software toko yang sudah terintegrasi akuntansi seperti IPOS tentu menjadi pilihan jitu yang mampu membantu bisnis Anda ke depannya.

Coba gratis IPOS untuk toko online Anda, di sini.



Baca juga
  »
18 Mei 2022
Tips Finansial untuk Pebisnis Baru, Catat!
Membuka bisnis sendiri nyatanya merupakan impian untuk sebagian orang. Apalagi, membuka suatu bisnis dapat meningkatkan peluang untuk memperbanyak pendapatan, meski risiko yang dimiliki tentu tidak bisa dibilang kecil. Ketika hendak membuka usaha, pastinya terdapat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan, salah satunya mengenai finansial bisnis Anda. Salah satu faktor utama yang menyebabkan sebuah startup gagal adalah kurangnya pendanaan. Maka dari itu, diperlukan manajemen keuangan yang tepat agar bisnis tetap berjalan dengan stabil dan lancar.

  »
17 Mei 2022
Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan
Mengelola bisnis sampingan di rumah untuk menambah pendapatan merupakan hal yang bisa dilakukan agar lebih produktif. Tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan modal besar, karena beberapa bisnis sampingan tersebut sebenarnya tetap bisa dilakukan dengan modal yang sedikit, lho! Jika Anda membutuhkan referensi contoh bisnis sampingan modal kecil, maka beberapa ide bisnis berikut ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi berbisnis.

  »
12 Mei 2022
Tips Raup Keuntungan Besar dari Berjualan Makanan di Bazar
Mengikuti tips jualan agar barang dagangan laris manis memang terkesan hanya sebuah teori. Kenyataannya, banyak lho orang yang bisa sukses dari mengikuti tips berjualan. Salah satunya adalah saat berjualan di bazar. Benar, berjualan di bazar memang kini tengah menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan uang tambahan. Selain dapat dilakukan saat akhir pekan alias weekend, Anda juga bisa menjual barang apapun di bazar. Bazar sendiri adalah suatu acara yang diselenggarakan oleh suatu komunitas atau perusahaan dalam selang waktu tertentu yang baisanya diramaikan dengan para booth yang menjual produk mereka masing-masing. Tidak sedikit pengusaha yang masih kecil hingga yang sudah besar tertarik mendaftarkan bisnis mereka untuk membuka kios di suatu bazar untuk mendapatkan profit yang besar. Salah satu booth yang ditemukan dalam acara bazar adalah kios makanan.

  »
11 Mei 2022
Penyebab Bisnis Bangkrut, Apa Saja?
Usaha Kecil Menengah di Indonesia banyak yang mendulang untung dan menggapai kesuksesan. Namun tidak dapat dipungkiri, dari sekian banyak usaha yang ada, tidak sedikit yang kandas di tengah jalan bahkan sebelum genap 1 tahun usaha tersebut telah berdiri. Modal usaha yang belum memadai masih menjadi salah satu alasan sulitnya UKM berkembang di Indonesia, terutama bagi mereka yang mendirikan usaha-usaha di daerah yang tidak termasuk kota besar. Biarpun terdapat bantuan dari segi perbankan, tetapi itu semua harus melalui proses yang tidak mudah dan agak merepotkan bagi sebagian orang. Di sisi lain, masih ada beberapa hal yang sering dilakukan para pelaku usaha yang justru menjatuhkan bisnisnya sendiri.

  »
10 Mei 2022
Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Anda Siapkan
Mencari usaha yang tidak membutuhkan banyak keahlian dan cocok untuk pemula? Maka bisnis laundry adalah jawabannya. Skala bisnis ini terbilang cukup luas, baik dilakukan dengan modal besar-besaran maupun level rumahan. Meskipun kelihatan mudah dan sederhana, ternyata bisnis satu ini tetap membutuhkan perencanaan yang matang, lho. Mulai dari target pasar, lokasi usaha, besaran tariff, karyawan yang diperlukan, hingga perlengkapan yang harus disiapkan. Dengan mengetahui macam-macam perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha laundry kiloan, Anda bisa mulai menghitung berapa perkiraan modal yang diperlukan. Untuk itu, berikut peralatan usaha laundry kiloan yang wajib Anda siapkan jika Anda ingin memulai bisnis laundry