Cara Packing yang Aman sampai ke Pelanggan

11 Januari 2022

Cara Packing Barang agar Aman dan Antirusak sampai di Pelanggan - Salah satu hal wajib dalam berbisnis online adalah mengetahui cara packing barang yang baik dan benar. Pasalnya, jika sampai salah mengemas, bukan tidak mungkin barang Anda justru akan rusak ketika dalam perjalanan ke rumah pelanggan.

Bila hal ini terjadi, Anda harus bersiap menerima ulasan buruk dari mereka. Pastinya ulasan negatif sangatlah berbahaya untuk bisnis online. Ini bisa merusak reputasi bisnis Anda ke depannya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengetahui cara packing barang yang baik dan benar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa produk yang Anda jual sampai di pelanggan dalam waktu cepat serta dalam kondisi aman dan antirusak.

Cara Packing Barang agar Aman

Terdapat beberapa cara dalam mengemas barang yang baik dan benar. Cara-cara ini sebaiknya dilakukan secara berurutan dan tidak terpisah antara satu sama lain karena akan memberikan keamanan yang tinggi.

Adapun cara packing barang, baik barang besar atau kecil yang baik dan benar di antaranya,

  1. Pahami Jenis Barangnya

Setiap barang memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak dapat menerima perlakuan yang sama. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda akan mengirim barang.

Barang pecah belah seperti guci, keramik, dan lainnya harus memperoleh pengamanan ekstra. Perlakuan yang sama bisa Anda berikan pada barang mewah agar tidak mudah lecet selama proses pengiriman. Contoh lainnya adalah tumbuhan yang sebaiknya menggunakan kemasan kayu agar tidak mudah rusak, namun tetap memiliki ruang yang sesuai.

Sedangkan dokumen cukup dengan amplop. Tetapi jika ingin lebih aman maka lapisi kembali dengan bungkus plastik.

  1. Pakai Pembungkus yang Tepat

Selain mengetahui jenis barangnya, Anda juga harus menggunakan pembungkus yang tepat. Karena tidak semua jenis packing cocok atau dibutuhkan untuk suatu barang.

Jika Anda mengirimkan barang yang mengandung cairan seperti minyak wangi, maka sebaiknya gunakan kardus serta isi tambahan yang membuat isinya padat sehingga tidak mudah bergeser yang nantinya dapat membuatnya pecah dan bocor.

Sedangkan untuk produk yang biasa seperti pakaian cukup memakai packing plastik. Cara membungkus paket dengan plastik ini sangat mudah dan pastinya aman untuk segala kondisi. Namun Anda dapat memakai kotak khusus untuk mengenalkan brand yang dimiliki.

  1. Memakai Perlindungan Ekstra

Beberapa barang yang tergolong mewah, elektronik, mahal, ataupun ringkih haruslah memakai perlindungan ekstra. Biasanya perusahaan pengiriman menyediakan packing kayu, plastik, atau bubble wrap. Tetapi perlakuan ini hanya berlaku pada bagian luar pembungkusnya.

Sedangkan bagian dalam merupakan tanggung jawab pengirim. Oleh karena itu ketika mengirimkan smartphone, laptop, atau barang mahal lainnya, gunakan bubble wrap untuk bagian dalam serta peti kayu pada bagian luar sebagai perlindungan tambahan.

  1. Menggunakan Stiker Peringatan

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah memakai stiker peringatan. Sebaiknya untuk barang dalam bungkusan kardus memakai stiker ini agar pegawai pengiriman express menjaga barang tersebut dengan hati-hati.

Karena seringkali barang-barang tersebut di lempar atau terbanting pada proses pengiriman. Tentunya Anda dan penerima barang tidak menginginkan hal tersebut. Tetapi stiker tersebut biasanya tidak tersedia di semua jasa pengiriman sehingga Anda harus memasangnya sendiri.

Sedangkan untuk cara packing barang pecah belah wajib memakai stiker tersebut. Pastikan packingnya memakai bubble wrap untuk meminimalisir kerusakan.

  1. Kemas Serapih Mungkin

4 hal di atas tidak akan berlaku jika pengemasan barang tidak rapi. Rapi ini tidak hanya dari bentuk kemasannya tetapi juga kepadatannya. Hal tersebut tidak berlaku untuk barang-barang berbahan dasar kain, clay atau plastik yang lentur.

Namun kerapian kemasan sangat penting untuk barang elektronik atau lainnya dengan bahan dasar keramik ataupun kaca. Karena celah yang ada bisa membuat barang berpindah posisi dan berisiko tinggi mengalami kerusakan.

Jadi Anda jangan heran jika pemilik lapak online shop memberikan pengamanan berlapis-lapis agar barangnya aman sampai ke tangan customer.

  1. Gunakan Jasa Pengiriman Express Terbaik

Hal terpenting dari cara packing barang kecil atau besar yang baik adalah memilih jasa pengiriman yang tepat. Karena jasa ini jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Setiap jasa tersebut memiliki kualitas pelayanan, promo dan harga yang beragam. Oleh karena itu Anda harus selektif dalam mencari jasa ini agar tidak tertipu dan bisa merasakan manfaatnya.

  1. Selipkan Pesan Khusus

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menyelipkan surat atau pesan khusus kepada penerima paket. Pemberian pesan ini merupakan hal wajib jika Anda adalah pemilik bisnis.

Karena pesan tersebut dapat menjadi motivasi bagi pelanggan dan media promosi untuk meningkatkan engagement bagi pengusaha. Cara ini sudah biasa dilakukan dan terbukti membuat pelanggan untuk ingat selalu dengan brand yang Anda miliki. Hal yang sama juga berlaku saat Anda mengirimkan paket kepada keluarga atau orang tersayang. Karena Anda dapat memberikan kesan yang lebih bermakna dari surat tersebut.

Itulah cara packing barang yang dapat membantu proses pengiriman Anda berjalan lancar. Apabila Anda melakukan semuanya dengan sempurna, paket yang Anda kirim akan membuat pelanggan Anda puas akan pelayanan yang mereka terima.

Sebelum mengirimkan produk dalam bentuk apapun, pastikan Anda memiliki toko online terlebih dahulu. Dalam era digital saat ini, memulai bisnis hanya dapat dilakukan dalam hitungan menit dimana saja dan kapan saja berkat banyaknya platform jualan online yang sudah tersedia. Anda tinggal memilih platform apa yang cocok untuk menjual produk-produk Anda.

Jangan lupa gunakan software toko yang sudah terintegrasi akuntansi seperti IPOS untuk membantu UMKM Anda. IPOS memiliki fitur canggih yang dapat membuat bisnsi Anda semakin lancar.

Coba gratis IPOS di sini.



Baca juga
  »
18 Mei 2022
Tips Finansial untuk Pebisnis Baru, Catat!
Membuka bisnis sendiri nyatanya merupakan impian untuk sebagian orang. Apalagi, membuka suatu bisnis dapat meningkatkan peluang untuk memperbanyak pendapatan, meski risiko yang dimiliki tentu tidak bisa dibilang kecil. Ketika hendak membuka usaha, pastinya terdapat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan, salah satunya mengenai finansial bisnis Anda. Salah satu faktor utama yang menyebabkan sebuah startup gagal adalah kurangnya pendanaan. Maka dari itu, diperlukan manajemen keuangan yang tepat agar bisnis tetap berjalan dengan stabil dan lancar.

  »
17 Mei 2022
Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan
Mengelola bisnis sampingan di rumah untuk menambah pendapatan merupakan hal yang bisa dilakukan agar lebih produktif. Tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan modal besar, karena beberapa bisnis sampingan tersebut sebenarnya tetap bisa dilakukan dengan modal yang sedikit, lho! Jika Anda membutuhkan referensi contoh bisnis sampingan modal kecil, maka beberapa ide bisnis berikut ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi berbisnis.

  »
12 Mei 2022
Tips Raup Keuntungan Besar dari Berjualan Makanan di Bazar
Mengikuti tips jualan agar barang dagangan laris manis memang terkesan hanya sebuah teori. Kenyataannya, banyak lho orang yang bisa sukses dari mengikuti tips berjualan. Salah satunya adalah saat berjualan di bazar. Benar, berjualan di bazar memang kini tengah menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan uang tambahan. Selain dapat dilakukan saat akhir pekan alias weekend, Anda juga bisa menjual barang apapun di bazar. Bazar sendiri adalah suatu acara yang diselenggarakan oleh suatu komunitas atau perusahaan dalam selang waktu tertentu yang baisanya diramaikan dengan para booth yang menjual produk mereka masing-masing. Tidak sedikit pengusaha yang masih kecil hingga yang sudah besar tertarik mendaftarkan bisnis mereka untuk membuka kios di suatu bazar untuk mendapatkan profit yang besar. Salah satu booth yang ditemukan dalam acara bazar adalah kios makanan.

  »
11 Mei 2022
Penyebab Bisnis Bangkrut, Apa Saja?
Usaha Kecil Menengah di Indonesia banyak yang mendulang untung dan menggapai kesuksesan. Namun tidak dapat dipungkiri, dari sekian banyak usaha yang ada, tidak sedikit yang kandas di tengah jalan bahkan sebelum genap 1 tahun usaha tersebut telah berdiri. Modal usaha yang belum memadai masih menjadi salah satu alasan sulitnya UKM berkembang di Indonesia, terutama bagi mereka yang mendirikan usaha-usaha di daerah yang tidak termasuk kota besar. Biarpun terdapat bantuan dari segi perbankan, tetapi itu semua harus melalui proses yang tidak mudah dan agak merepotkan bagi sebagian orang. Di sisi lain, masih ada beberapa hal yang sering dilakukan para pelaku usaha yang justru menjatuhkan bisnisnya sendiri.

  »
10 Mei 2022
Peralatan Usaha Laundry Kiloan yang Wajib Anda Siapkan
Mencari usaha yang tidak membutuhkan banyak keahlian dan cocok untuk pemula? Maka bisnis laundry adalah jawabannya. Skala bisnis ini terbilang cukup luas, baik dilakukan dengan modal besar-besaran maupun level rumahan. Meskipun kelihatan mudah dan sederhana, ternyata bisnis satu ini tetap membutuhkan perencanaan yang matang, lho. Mulai dari target pasar, lokasi usaha, besaran tariff, karyawan yang diperlukan, hingga perlengkapan yang harus disiapkan. Dengan mengetahui macam-macam perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha laundry kiloan, Anda bisa mulai menghitung berapa perkiraan modal yang diperlukan. Untuk itu, berikut peralatan usaha laundry kiloan yang wajib Anda siapkan jika Anda ingin memulai bisnis laundry