Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!

18 Oktober 2021

Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

Jika dari awal pencatatan dilakukan dengan baik, maka analisa pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan mudah. Maka dari itu, setiap pebisnis di Indonesia wajib untuk memahami apa itu buku kas dan cara membuatnya.

Berikut penjelasan secara mendalam tentang apa itu buku kas serta cara membuat buku kas sederhana dan mudah.

PENGERTIAN BUKU KAS

Buku kas adalah data penting yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan atau usaha yang berisi catatan informasi mengenai arus dana yang masuk dan keluar untuk kepentingan bisnis. Proses pencatatan ini menghasilkan sebuah data yang diperlukan untuk menentukan berbagai macam keputusan di masa yang akan datang. Jika suatu perusahaan mengalami kerugian dalam periode tertentu, maka harus dilakukan perbaikan secepatnya.

Selain itu, buku kas juga berfungsi untuk mengetahui sektor mana saja yang menjadi sumber pemasukan atau sumber pengeluaran yang paling berpengaruh bagi perusahaan. Kondisi kesehatan sebuah perusahaan dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan tertentu jika setiap transaksinya tercatat dengan rapi di buku kas.

Dengan adanya buku kas, perusahaan dapat membuat analisanya sendiri dengan tepat dan menyusun rencana keuangan di masa depan.

JENIS-JENIS BUKU KAS

Pencatatan arus dana perusahaan perlu dicatat secara berkala dan tersistem. Selain buku kas umum, ternyata terdapat masih banyak jenis buku kas lainnya, di antaranya adalah buku pembantu bank, buku kas pembantu pajak, dan juga buku pembantu panjar. Perlu digaris bawahi bahwa setiap jenis buku kas memiliki perannya masing-masing.

Berikut 4 jenis buku kas yang digunakan :

  1. Buku Kas Umum

Buku kas umum berisi data penting terkait catatan arus dana baik masuk dan keluar sebuah perusahaan. Buku kas umum berfungsi sebagai pemantau bagaimana transaksi berlangsung dari waktu ke waktu.

  1. Buku Pembantu Bank

Berbeda secara fungsional jika dibandingkan dengan buku kas umum. Di dalam buku ini, pencatatan arus dana hanyalah dana yang transaksinya berhubungan secara khusus menggunakan bank. Hal tersebutlah yang membuat buku pembantu bank hanya mencatat kegiatan transaksi yang terjadi dari ATM ataupun teller bank.

  1. Buku Kas Pembantu Pajak

Mirip dengan buku pembantu bank, buku kas pembantu pajak adalah buku yang hanya mencatat kegiatan transaksi yang berhubungan dengan pajak saja. Mulai dari pemungutan sampai penyetoran pajak selaku wajib pajak.

  1. Buku Pembantu Panjar

Buku pembantu panjar adalah buku yang memuat transaksi penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan melalui Surat Permintaan Pembayaran Panjar. Buku pembantu panjar sudah diatur oleh Kementerian Dalam Negeri Indonesia secara khusus.

CARA MEMBUAT BUKU KAS

Dalam pembuatan buku kas, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah dengan Folio Dwi Halaman, Folio Satu Halaman, dan Tabelaris.

  1. Folio Dwi Halaman (Skontro)

Dalam penulisan buku kas dengan cara ini, Anda perlu memiliki dua muka halaman yang di dalamnya terdiri dari halaman debit dan halaman kredit. Halaman debit adalah halaman yang mencatat semua pemasukan ataupun penambahan uang kas serta dilengkapi dengan asal uangnya.

Halaman debit terdiri dari 4 kolom utama, di antaranya adalah :

  • Kolom pertama, diisi dengan tanggal masuknya uang karena terjadinya transaksi.
  • Kolom kedua, diisi dengan keterangan tentang pemasukan secara singkat dan jelas sehingga mudah dimengerti.
  • Kolom ketiga, diisi dengan nomor urut dari bukti masuknya uang
  • Kolom keempat, diisi dengan sejumlah uang masuk yang sesuai dengan tanggal yang tercatat di kolom pertama.

Sementara untuk halaman kredit dibuat untuk mencatat setiap pengeluaran kas. Pada halaman ini, Anda harus menyertakan alasan jelas dari pengeluaran dana kas yang terjadi.

Halaman kredit juga terdiri dari 4 kolom utama, yaitu :

  • Kolom pertama, diisi dengan tanggal keluarnya uang
  • Kolom kedua, diisi dengan keterangan pengeluaran dana kas.
  • Kolom ketiga, diisi dengan nomor urut dari bukti keluarnya uang.
  • Kolom keempat, diisi dengan jumlah uang yang dikeluarkan di tanggal yang tercatat di kolom pertama.
  1. Folio Satu Halaman

Cara ini umum dipakai oleh berbagai perusahaan kecil karena dianggap sangat praktis. Keterangan tentang pemasukan dan pengeluaran terdapat di halaman yang sama, sehingga lebih mudah untuk dibaca dan tidak akan memakan banyak waktu.

Dalam buku folio satu halaman terdiri dari 5 unsur utama, yaitu :

  • Kolom pertama, diisi dengan tanggal
  • Kolom kedua, diisi dengan keterangan terkait masuk atau keluarnya arus kas
  • Kolom ketiga, diisi dengan nomor urut bukti kas pemasukan atau buku kas pengeluaran menyesuaikan dengan kolom kedua.
  • Kolom keempat, diisi dengan jumlah saldo yang dimiliki perusahaan.
  • Kolom kelima, diisi dengan jumlah pemasukan atau pengeluaran dana kas.
  1. Tabelaris

Cara pembuatan tabelaris lebih praktis lagi dibandingkan kedua cara sebelumnya. Yaitu dengan membuat pada halaman yang berada di sisi kiri diisi dengan debit, sementara sisi kanan diisi dengan kredit. Karena tabelaris berisi lajur (golongan) yang harus diisi menyesuaikan keperluan perusahaan.

Ketiga cara di atas bisa Anda buat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Anda tinggal mempelajari berbagai rumus untuk lebih mempermudah proses pengerjaan.

Secara umum, buku kas sangatlah berguna untuk mengetahui kondisi keuangan pada suatu perusahaan. Bila Anda merasa kesulitan membuat buku kas secara manual, maka Anda bisa menggunakan Software seperti IPOS. IPOS akan membantu Anda untuk membuat berbagai jenis laporan keuangan. Anda juga bisa mengakses IPOS di mana saja dan kapan saja Anda mau.

Coba gratis IPOS untuk merasakan kemudahan cara membuat buku kas yang sederhana sekarang!



Baca juga
  »
3 Desember 2021
Tingkatkan Loyalitas Pelanggan untuk Penjualan Toko Makin Melesat
Loyalitas pelanggan adalah ukuran kemungkinan pelanggan untuk melakukan bisnis yang berulang dengan perusahaan atau merek. Ini adalah hasil dari kepuasaan pelanggan, nilai keseluruhan barang atau jasa yang diterima pelanggan dari bisnis, dan pengalaman pelanggan yang positif. Ketika pelanggan setiap pada suatu merek tertentu, mereka tidak mudah dipengaruhi oleh ketersediaan atau harga. Mereka akan rela membayar lebih selama mereka mendapatkan produk atau layanan dengan kualitas yang sama yang mereka kenal dan sukai. Karakteristik lain dari pelanggan yang loyal meliputi :

  »
2 Desember 2021
Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis : Cara Baru untuk Promosi Bisnismu
Instagram Reels kini sudah dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia. Fitur ini pertama kali dirilis di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 lalu. Fitur terbaru Instagram ini dipercaya dapat membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya. Menurut Robert Miller, conversion rate Instagram atau persentase pengaruh post Instagram terhadap pembelian produk yang di-post adalah sekitar 1.85%. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan Facebook dan Twitter. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu  Instagram Reels, berikut ulasan lengkapnya.

  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.