Bisnis untuk Anak Muda yang Menjanjikan

21 September 2021

Bisnis untuk Anak Muda yang Menjanjikan – Jenis bisnis untuk anak muda yang sedang populer adalah yang berkaitan dengan kreativitas, pengalaman, dan ketelatenan. Jadi tidak hanya bergantung di bidang jasa saja. Beberapa jenis bisnis memang membutuhkan yang namanya kemampuan ekstra, terutama untuk menghitung peluang, mengatur strategi, pemasaran, distribusi, mendapat kepercayaan, dan masih banyak lagi.

Tapi tidak perlu khawatir, karena Kamu masih memiliki banyak waktu luang serta kesempatan untuk berinovasi dan mempelajari hal-hal baru. Berikut ide-ide bisnis untuk Anak muda yang menjanjikan yang bisa Kamu coba.

1. Thrift Shop

Akhir-akhir ini pasti Kamu sudah tidak asing dengan istilah thrift, thrifting, atau thrift shop bukan?

Hal tersebut jelas karena saat ini marak Thrift Shop bermunculan di berbagai media sosial. Istilah Thrift sendiri mengacu pada suatu barang bekas yang berasal dari barang-barang import. Karena itulah kondisinya tidak 100% mulus.  Akhir-akhir ini Thrift Shop sangat diminati oleh kalangan muda karena harganya yang sangat terjangkau.

Jika Kamu tertarik memulai Thrift Shop, pilihlah barang-barang bekas yang masih layak dan manfaatkan handphone Kamu untuk memotret produk dengan baik. Kamu bisa membuat akun media soal atau situs khusus untuk memjual barang Thrift Kamu.

2. Snack Kemasan

Tahukah Kamu bahwa peluang usaha kuliner di Indonesia termasuk cukup besar? Dengan modal minimal Rp. 1 Juta, Kamu sudah dapat membeli bahan baku serta kemasan dengan desain sederhana untuk memulai usaha satu ini. Agar penjualan Kamu laku keras, promosikan produk Kamu dengan memanfaatkan media sosial maupun media chat pribadi ke saudara maupun kerabat terdekat. Jika bisnis Kamu ini berjalan baik, seiring berjalannya waktu Kamu dapat mengembangkan kualitas serta kemasan snack Kamu untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Kue Rumahan

Kue rumahan seperti kue basah dan kue kering sering hadir menemani aktivitas masyarakat. Kedua jenis kue memiliki prospek yang sama cerahnya di masa mendatang. Seperti kue kering umumnya banyak dicari ketika mendekati hari raya dan biasanya dipesan dalam bentuk parsel. Sehingga Kamu sebaiknya mempelajari cara menghias parsel untuk meningkatkan peluang. Kamu juga bisa menerima pesanan kue basah untuk menyiasati pesanan kue kering yang tidak selalu ramai sepanjang tahun.

Untuk menjajakan produk, Kamu bisa melakukannya secara offline dan online. Secara offline, Kamu bisa menitipkan kue buatan Kamu di toko atau warung disekitaran Kamu. Untuk online Kamu bisa memulai promosi di akun media sosial pribadi atau komunikasi via chat.

4. Reseller atau Dropshipper

Kamu ingin bisnis yang tidak memiliki stok barang untuk dijual? Maka cobalah menjadi Reseller atau Dropshipper!

Bisnis jenis satu ini, Kamu hanya dituntut untuk memasarkan produk orang lain sebanyak mungkin. Kamu akan mendapatkan komisi dari hasi penjualan tersebut jika berhasil menjual produk tersebut. Maka dari itu, bisnis reseller maupun dropshipperini sangat cocok untuk dijalankan oleh anak muda.

Meskipun secara prinsip, reseller dan dropshipper merupakan kegiatan usaha yang semata-mata menjual produk orang lain, namun pada kenyataannya kedua bisnis ini memiliki cara kerja yang berbeda. Pada sistem reseller, Kamu menjual produk ke orang lain di bawah nama perusahaan produk tersebut, sementara dropshipper Kamu menjual produk dengan nama toko/perusahaan Kamu sendiri. Dengan kata lain, pada sistem bisnis reseller Kamu lebih dianggap sama seperti seorang agen.

5. Warung Kopi

Anak muda sangat suka nongkrong, baik nongkrong di halaman depan sekolah, kampus, atau di beberapa kafe yang menurut mereka menarik perhatian.

Dari kemunculan trend satu ini, sudah jelas terdapat satu peluang untuk Kamu membuka bisnis tempat nongkrong yang dapat memenuhi ekspektasi para anak muda. Contoh paling sederhananya adalah warkop atau kafe kecil yang memiliki fasilitas wifi gratis, menu makanan dan minuman yang enak dengan harga terjangkau, serta tempat yang nyaman.

Butuh modal besar? Kamu boleh kok untuk membuka bisnis dengan modal patungan bersama beberapa teman atau kerabat yang memiliki minat yang sama. Siapa bilang berbisnis itu harus sendirian?

6. Tempat Penitipan Hewan Peliharaan

Kamu pecinta hewan? Mengapa tidak mencoba untuk membuka tempat penitipan hewan saja?

Bisnis jenis ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas, khususnya di kota-kota besar. Ditambah lagi bagi para pecinta hewan yang memiliki komunitas yang jelas dan mereka akan rela mengeluarkan banyak uang untuk hewan kesayangannya sehingga bisnis satu ini sangat menjanjikan.

Prospek dan pemasaran bisnis ini cukup mudah karena banyak sekali pencinta hewan di kota besar. Saat mereka memiliki perlu yang memaksa mereka untuk pergi ke luar kota, mudik, perjalanan dinas, dan yang kondisi lainnya, saat inilah mereka butuh seseorang untuk menjaga hewan kesayangannya.

Pastikan Kamu merencanakan bisnis satu ini dengan sangat matang karena setiap bisnis memiliki risiko yang mungkin Kamu hadapi selama menjalankan bisnis satu ini.

7. MC

Kamu terkenal cerewet dan tidak demam panggung? Cobalah menjadi MC!

Bisnis hanya bermodalkan kemampuan dapat Kamu manfaatkan untuk menambah pundi-pundi tabungan.  Bayaran untuk usaha jasa satu ini terhitung cukup mahal, lho. Karena satu jam nge-MC, Kamu bisa mendapatkan upah sebesar Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta.

Namun menjadi pembawa acara atau MC memang susah susah gampang, Kamu dituntut untuk serba bisa dalam membawakan sebuah acara. Tapi dengan terus belajar untuk mengasah kemampuan dan mengevaluasi setiap acara untuk mengetahui apa saja yang kurang, Kamu bisa meningkatkan kualitas Kamu.

Nah, itulah beberapa ide bisnis untuk anak muda yang menjanjikan untuk Kamu coba. Tahukah Kamu? Bahwa selain ide, pengetahuan dalam menyusun strategi dan keuangan bisnis juga tidak kalah penting.

Dengan IPOS, Kamu dapat memulai bisnis Kamu dengan mudah dengan berbagai fitur lengkap yang IPOS miliki. Coba gratis IPOS untuk rasakan kemudahan berbisnis sekarang juga!



Baca juga
  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

  »
23 September 2021
Cara Promosi Jualan Online yang Wajib Dicoba!
Kamu bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Kamu bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Kamu, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.