Kapankah Periode Ideal untuk Melakukan Stock Opname?

2 Juni 2021

Stock Opname adalah suatu bentuk kegiatan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual. Kegiatan satu ini memang menyita waktu karena Anda harus memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara real time. Selain itu, dalam melakukan perhitungan juga tidak boleh terjadi kesalahan atau ada yang terlewat, karena akan berpengaruh pada stok barang yang dijual.

MENGAPA HARUS MELAKUKAN STOCK OPNAME?

Fungsi stock opname sendiri bukan hanya untuk mengetahui persediaan di gudang saja. Pada beberapa perusahaan, stock opname dilakukan untuk persediaan barang dan kas, sementara pada perusahaan manufaktur dilakukan untuk persediaan bahan baku, bahan tambahan, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Jika ada selisih saat selesai dilakukan stock opname, maka harus dilakukan pengecekan ulang apakah kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat, kesalahan dalam melakukan pencatatan atau karena hilang. Hal-hal tersebut harus dicari penyebabnya.

KAPAN PERIODE IDEAL MELAKUKAN STOCK OPNAME?

Jawabannya tergantung dari kebijakan perusahaan yang sudah disetujui. Stock opname biasa dilakukan pada akhir tahun. Namun pada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem pengendalian intern yang lebih tertata, stock opname dapat dilakukan setiap pekan atau setiap bulan. Tergantung tingkat kepentingan dan kemampuan perusahaan dalam melakukan stock opname.

Sehingga untuk menentukan periode ideal untuk melakukan stock opname tidak bisa disama ratakan satu sama lain, karena Anda harus menyesuaikannya dengan tingkat kepentingan dan kemampuan dalam melakukannya seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk menekan resiko terjadi selisih, beberapa perusahaan melakukan kegiatan stock opname barang setiap awal bulan agar perbedaan stock dapat segera diketahui dan dicari tahu akar dari analisis perhitungannya. Kegiatan ini dapat Anda lakukan di sela hari kerja atau ketika perusahaan sedang tidak beroperasi.

MANFAAT SOFTWARE UNTUK STOK BARANG

Proses stock opname memang merepotkan dan menyita banyak waktu. Namun dengan menggunakan IPOS, Anda tidak perlu repot melakukan pemantauan dan perhitungan stock barang secara manual. Anda juga dapat membuat laporan stock opname sehingga dengan mudah bisa memantau dan menghitung stock barang sehingga membuat laporan persediaan barang lebih akurat dengan data realtime. Kehilangan barang juga bisa ditekan.

Coba gratis IPOS di sini sekarang juga!



Baca juga
  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

  »
23 September 2021
Cara Promosi Jualan Online yang Wajib Dicoba!
Kamu bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Kamu bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Kamu, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.