Jangan Anggap Sepele, Laporan Keuangan itu Penting untuk Perusahaan, lho!

9 April 2021

Laporan keuangan tidak bisa dilepaskan dari suatu perusahaan, entah itu perusahaan berskala kecil atau besar. Dengan laporan keuangan, sebuah perusahaan dapat  menunjukkan bagaimana kondisi keuangannya yang mencakup keuntungan, kerugian, kekayaan perusahaan, pajak hingga cash flow secara keseluruhan.

Jadi, seberapa pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan?

Berikut ulasan singkat mengapa anda tidak boleh menyepelekan laporan keuangan

 1. Meningkatkan Transparansi.

Masalah uang memang sangat krusial dan bisa menyebabkan cukup banyak masalah jika ada oknum yang nakal dan melakukan mark up pada laporan tersebut.

Dengan laporan keuangan yang terpusat dan bisa diakses oleh siapa saja yang berwenang, hal-hal seperti ini tidak akan terjadi sehingga apa pun yang dialami oleh perusahaan bisa berjalan dengan lebih transparan.

2. Memberikan Gambaran Kondisi Keuangan.

Laporan keuangan merupakan informasi yang akurat untuk mengetahui secara lebih detail mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan secara keseluruhan. Seluruh aktivitas keuangan perusahaan akan tercatat di dalam sebuah laporan keuangan.

3. Meminimalisir Kesalahan.

Pembuatan laporan harus dilakukan secara rutin untuk menghindari suatu kesalahan. Pada perusahaan yang dalam sehari melakukan lebih dari puluhan bahkan ratusan transaksi, baik utang, tunai, atau piutang jika mengalami sedikit saja kesalahan, bisa menyebabkan sebuah masalah besar.

Di sanalah fungsi laporan keuangan untuk meminimalisir kesalahan tersebut, karena dengan laporan keuangan, Anda dapat melakukan pengecekan transaksi berdasarkan tanggal atau bulan berapa untuk mendapatkan kesalahan dan bisa segera ditemukan solusinya.

4. Meningkatkan Kepercayaan.

Laporan finansial dibuat untuk membangun kepercayaan yang sangat penting. Perusahaan yang sebagian besar terbentuk perseroan biasanya memiliki pemegang saham yang jumlahnya banyak.

Laporan yang dibuat asal-asalan akan menurunkan rasa percaya para pemilik saham. Dengan menggunakan Ipos 5, laporan anda tersusun dengan rapih dan teratur sehingga kemungkinan besar pemilik saham akan menaruh kepercayaan yang besar pada perusahaan.

5. Memudahkan Pengambilan Keputusan.

Dengan melihat laporan keuangan yang dibuat setahun sekali atau setiap periode tertentu, perusahaan bisa menyatakan apakah mereka mendapatkan keuntungan atau kerugian. Dari laporan juga nampak seperti apa perkembangan yang terjadi di dalamm perusahaan entah yang berhubungan dengan aset atau penjulalan produk.

Jika terdapat tren yang mengarah positif, maka perusahaan bisa melakukan dua hal. Pertama, tetap mempertahankan hal itu lalu yang kedua adalah berinovasi atau menambah pegawai. Namun jika laporan terlihat ada tren yang negative, maka yang bisa dilakukan perusahaan adalah melakukan penghematan biaya atau pemecatan.

Demikian ulasan tentang pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan. Kalau anda memiliki perusahaan yang baru startup atau perusaahaan yang sudah berjalan tetapi ingin membuat laporan keuangan dengan simple, cepat, akurat dan berkelas, ada baiknya  menggunakan Program Ipos.

Program Ipos menyediakan fitur master data yang menyimpan berbagai data utama perusahaan anda. Kemudian semua transaksi yang masuk dan keluar dapat dicatat dengan lebih sederhana, anti ribet!

IPOS juga memiliki fitur untuk mengecek riwayat transaksi apabila terjadi kecurangan yang tidak diinginkan, sehingga laporan keuangan anda makin kredibel. Karena semua biaya-biaya akan tercatat dengan baik dan rapi.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan Ipos, bukan? Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu anda dalam pengelolaan keuangan.



Baca juga
  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

  »
23 September 2021
Cara Promosi Jualan Online yang Wajib Dicoba!
Kamu bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Kamu bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Kamu, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.