7 Alasan Mengapa Wajib Bagi Anda Memikirkan Sistem Bisnis dari Sekarang

22 Februari 2021

Sistem Bisnis memiliki pengertian sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Singkatnya, sistem dalam bisnis akan menggabungkan bagian-bagian yang ada di dalam sebuah perusahaan agar dapat bekerja sesuai dengan strategi dan visi perusahaan. Sistem bisa diganti atau berkembang seiring berjalannya waktu.

Tanpa sistem bisnis, Anda mungkin masih bisa mengembangkan usaha tetapi pengembangannya akan memiliki batas -yaitu sejauh mana Anda kuat bekerja. Adanya sistem membangun Anda untuk menjalankan perusahaan meskipun Anda sedang tidak berada di tempat. Berikut tujuh alasan mengapa wajib bagi Anda memikirkan sistem bisnis untuk usaha Anda dari sekarang!

1. Performa Perusahaan Meningkat

Sebuah toko furniture yang pada awalnya hanya memiliki toko konvensional dan pembelian hanya dapat dilakukan di tempat saja, kini dapat mengembangkan sistem penjualannya lewat website e-commerce dan beralih ke perangkat digital.

Sebuah sistem bisa diganti ataupun berkembang seiring berjalannya waktu atau beradaptasi dengan perkembangan jaman seperti apa yang dicontohkan di atas. Sistem yang baik akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan memenuhi ekspektasi mereka.

2. Efektif dan Efisien Bekerja

Sistem bisnis dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan karena mereka akan bekerja sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Sistem jugalah yang akan menuntun karyawan untuk mengerjakan rutinitas pekerjaan mereka secara konsisten. Dengan begitu Anda dapat menghemat budget dan tetap menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik bersama sistem bisnis.

3. Mempermudah dalam Identifikasi Masalah

Ketika terjadi kesalahan internal dalam perusahaan, Anda cukup mengeluarkan flow chart sistem bisnis Anda. Crosschek setiap departemen terkait untuk mengetahui sumber permasalahannya. Selain proses identifikasi yang cepat, solusi pun dapat dicari dengan tepat ketika Anda menerapkan sistem dalam bisnis.

4. Menghasilkan Solusi yang Berkualitas

Sistem bisnis memastikan adanya standar di dalam perusahaan. Standar dalam bekerja maupun dalam memberikan hasil yang sama dengan misi perusahaan Anda. Bayangkan jika bisnis Anda tidak memiliki sistem dan semua karyawan bekerja sesuai cara mereka masing-masing?

Apakah hasilnya akan sama dengan ketika Anda memiliki sistem yang mengatur? Tentu saja tidak!

5. Mempermudah Bisnis untuk Berkembang

Dengan sistem bisnis yang kuar, Anda dapat menghemat waktu dan energi untuk mengembangkan perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang terlepas dari perbedaan geografis maupun budaya. Karena sistemlah yang akan membantu Anda menjalankan perusahaan!

6. Profit Perusahaan Meningkat

Karena produktivitas, efektivitas waktu, dan performa meningkat, secara otomatis perusahaan bekerja dengan sangat efisien. Bahkan kecurangan dan ketidakjujuran karyawan dapat diminimalisir. Biaya-biaya yang sekiranya tidak diperlukan dapat ditekan. Hal ini berdampak positif bagi profit perusahaan.

7. Nilai Jual Perusahaan Meningkat

Selain profit, ternyata nilai jual perusahaan Anda juga dapat meningkat jika memiliki sistem bisnis. Hal ini sangat krusial karena Anda perlu menata ulang dari bawah. Namun dengan sistem bisnis yang baik, nilai perusahaan Anda akan meningkat karena potensinya sangat besar untuk dikembangkan.

Sistem bisnis mungkin terlihat sepele dan menyusunnya pun nampak membosankan karena membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Tapi jangan khawatir! Di era modern seperti saat ini ada banyak cara simple dan smart untuk mensistemkan bisnis Anda. Salah satunya dengan mengandalkan IPOS untuk memudahkan segala operasional bisnis sehari-hari. Mulai dari membuat laporan keuangan, cek stok di gudang, memperbaiki catatan pembayaran yang berantakan, dan masih banyak lagi.

Kunjungi halaman utama Program IPOS dan ketahui apa saja yang bisa IPOS lakukan untuk membantu Anda mengatasi segala permasalahan bisnis Anda.

Tertarik? Coba gratis di sini.



Baca juga
  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

  »
23 September 2021
Cara Promosi Jualan Online yang Wajib Dicoba!
Kamu bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Kamu bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Kamu, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.