5 Tips Memilih Aplikasi Kasir untuk Bisnis Anda

1 Februari 2021

Di era yang semakin canggih, aplikasi kasir sudah wajib dimiliki untuk seorang pebisnis. Menggunakan aplikasi kasir toko adalah keharusan bagi setiap bisnis berbasis produk yang melakukan banyak transaksi setiap hari. Tetapi Anda tidak boleh gegabah dalam memilih Aplikasi kasir yang nantinya berakibat fatal.

Maka dari itu sebelum memutuskan jenis Aplikasi kasir terbaik mana yang akan dipilih pertimbangkan beberapa hal berikut untuk membantu Anda memilih Aplikasi kasir yang nantinya berakibat fatal.

1. Ukuran dan Kebutuhan Bisnis Anda.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah seberapa besar bisnis Anda sekarang dan bagaimana proyeksi pertumbuhan Anda untuk beberapa tahun ke depan. Jika bisnis Anda dalam bentuk toko, pertimbangkan juga proyeksi menuju minimarket. Mungkin Anda akan memiliki ribuan item dalam yang jauh lebih kecil dengan hanya beberapa lusin item dalam inventaris dan area perbelanjaan yang lebih kecil.

Penting juga untuk memahami apa yang Anda lihat sendiri sekarang dan dalam waktu dekat nantinya sehingga Anda dapat memutuskan kebutuhan apa saja yang cocok dengan untuk sistem Anda. Jika bisnis Anda relatif besar dengan banyak produk, beli sistem POS komprehensif dengan pemindai barcode dan kode produk untuk memudahkan transaksi.

2. Fitur Keamanan.

Untuk perusahaan yang sudah terkenal dan memiliki banyak cabang, tentunya tidak mungkin untuk mendatangi setiap cabang satu per satu, apalagi jika cabang berada di lokasi yang sangat jauh. Dengan begitu Anda harus memiliki Aplikasi kasir yang memiliki fitur keamanan dimana setiap bawahan atau karyawan Anda di cabang akan merasakan kehadiran Anda di sana. Sehingga kemungkinan terjadinya kecurangan bisa diatasi.

3. Efisiensi, Akurat dan Cepat.

Supaya Aplikasi yang Anda pilih bisa awet dan tahan lama, maka Anda harus benar-benar memilih Aplikasi kasir yang handal. Aplikasi yang Anda pilih harus efisien, akurat dan cepat yang artinya penting untuk tidak hanya tertarik dengan kemurahan harga yang diberikan developer, namun juga harus memperhatikan apakah program tersebut memang cukup baik dan mempunyai kualitas terbaik. Salah satunya dengan memastikan bahwa penyedia jasa mudah dihubungi. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu Aplikasi mengalami masalah, Anda dapat menghubungi dan mendapatkan bantuan dari penyedia jasa dengan efisien, akurat dan dalam waktu yang cepat.

4. Sesuaikan Harga.

Apabila usaha Anda baru dirintis, maka disarankan untuk memilih Aplikasi yang memiliki harga yang lebih murah atau yang sesuai dengan budget Anda. Meskipun dengan harga murah, sekali lagi pastikan bahwa Anda mendapatkan Aplikasi dengan segala fitur yang dibutuhkan.

Untuk mencari dan mendapatkan kedua hal tersebut memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu dengan bertanya dan meminta rekomendasi dari rekan sesama pebisnis, atau Anda bisa mencoba search di Internet. Anda akan menemukan berbagai penyedia Aplikasi Kasir yang sudah lengkap dengan harga dan fitur yang tersedia di dalamnya. Apabila sudah menemukan yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan ragu untuk mencoba dan menggunakan Aplikasi yang telah mereka miliki.

5. Fleksibel.

Apa yang dimasud dengan fleksibel di sini adalah data yang dimasukkan dalam program bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Artinya, meskipun Anda sedang tidak berada di tempat usaha, pengecekan atau controlling usaha masih bisa Anda lakukan.

Hal ini karena perkembangan dari bisnis Anda akan ditentukan oleh controlling yang dijalankan oleh Anda sebagai pemilik. Salah satu contoh Aplikasi Kasir yang bersifat fleksibel adalah Proka.ID. Proka memanfaatkan teknoli Cloud Base Lite Speed sehingga Anda bisa melakukan semua aktivitas bisnis hanya dalam satu genggaman. Anda bisa mengakses bisnis Anda dari manapun dan kapan pun Anda mau.

Proka juga memiliki fitur Multi Outlet yang akan memudahkan Anda dalam mengontrol banyak Outlet yang Anda miliki. Pantau semua transaksi penjualan, stok kadaluarda dan hutang piutang outlet Anda hanya dari 1 Aplikasi ini.

Coba gratis Proka. ID di sini sekarang.



Baca juga
  »
18 Oktober 2021
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda
Contoh Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Anda – Pembukuan keuangan adalah patokan apakah sebuah usaha berkembang atau tidak, itulah mengapa memerhatikan pembukuan keuangan pada usaha dengan skala sekecil apapun sangat penting. Mengapa demikian? Karena selain untuk kepentingan keuangan, pembukuan juga berperan untuk mencatat setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Termasuk dengan transaksi masuk, keluar, laba, dan rugi.

  »
18 Oktober 2021
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah!
Cara Membuat Buku Kas Sederhana dan Mudah – Segala hal tentang keuangan merupakan hal yang krusial. Sehingga semua harus dicatat sebaik mungkin dalam satu dokumen, salah satunya adalah buku kas. Buku kas adalah buku yang memuat informasi penting setiap perusahaan yang wajb dimiliki untuk mengetahui perkembangan keuangannya.

  »
5 Oktober 2021
Cara Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula
Usaha kuliner adalah bisnis yang menjanjikan. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari setiap orang serta perkembangannya yang semakin pesat. Maka tak heran banyak yang mencari cara untuk memulai usaha makanan. Sama seperti bisnis jenis lainnya, tentu Kamu harus memperhatikan strategi. Karena strategi dalam sebuah bisnis dapat membuat Kamu memperkirakan bagaimana bisnis tersebut bisa sukses di masa depan. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha kuliner untuk pemula? Berikut beberapa tips dari Trigonal supaya Kamu dapat mendirikan usaha makanan yang sukses

  »
25 September 2021
Macam Macam Roti Tawar untuk Jadi Ide Bisnis
Pada umumnya, roti tawar original disebut sebagai roti tawar putih yang terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Tetapi ternyata selain roti tawar putih, terdapat banyak jenis roti tawar lain di dunia. Hanya saja, terdapat beberapa jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambah atau mengurangi bahan yang ada. Jika Kamu berminat untuk membuka usaha bakery, maka roti tawar akan menjadi salah satu produk yang Kamu jual. Untuk menambah variasi produk bakery Kamu, maka kenali macam macam roti tawar yang populer dan sering masyarakat konsumsi.

  »
23 September 2021
Cara Promosi Jualan Online yang Wajib Dicoba!
Kamu bisa menemukan semua kebutuhan dari ujung rambut sampai ujung kaki karena saat ini adalah eranya untuk jualan online. Dengan kata lain, di Internet Kamu bisa menjual apa saja. Menerapkan cara promosi secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun untuk mempromosi jualan online Kamu, memerlukan cara promosi yang sangat berbeda dari sekedar memasang iklan saja.