Free Trial : Definisi dan 5 Manfaatnya dalam Dunia Bisnis

14 September 2023

Free Trial : Definisi dan 5 Manfaatnya dalam Dunia Bisnis - Sebagian besar pelanggan tentu tidak ingin mengeluarkan uang untuk produk yang belum tentu sesuai dengan keperluannya. Untuk mengatasi hal tersebut, terciptalah salah satu strategi yang memungkinkan para calon pelanggan untuk mencoba produk sebelum membelinya. Strategi ini disebut dengan free trial.

Secara garis besar, strategi satu ini akan memberikan waktu ke calon pelanggan untuk mengetahui suatu produk atau layanan. Kemudian, calon pelanggan akan menentukan apakah ia akan membelinya atau tidak. Dalam dunia bisnis, free trial ternyata memberikan sejumlah manfaat, lho!

Mari kita kupas lebih dalam lagi mengenai free trial ini. Mulai dari definisi, perbedaannya dengan freemium, dan 5 manfaat besarnya dalam dunia bisnis. Pastikan Anda menyimaknya hingga selesai, ya!

Definisi Free Trial

Mengutip dari laman Chargebee, strategi coba gratis atau free trial adalah suatu model akuisisi konsumen yang mana suatu layanan atau produk akan ditawarkan pada konsumen secara gratis untuk jangka waktu tertentu saja. Tujuan dari dilakukannya strategi coba gratis adalah agar dapat memberikan waktu pada calon pelanggan untuk mempelajari suatu produk ataupun layanan.

Setelah itu, calon pelanggan nantinya akan menentukan apakah produk ataupun layanan tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak sebelum melakukan pembelian atau berlangganan. Strategi ini juga akan membatasi beberapa fitur yang dimiliki suatu produk untuk calon pelanggannya. Sehingga calon pelanggan hanya bisa mencoba beberapa fitur yang terdapat di dalam produk itu saja.

Dilansir dari laman Cox Blue, jika Anda ingin menawarkan produk free trial, maka ada beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan, yaitu :

  • Lamanya waktu bagi calon pelanggan untuk mengetahui semua manfaat produk Anda.
  • Memastikan seluruh fitur dasar dari sebuah produk sudah cukup untuk calon pelanggan, terkait sesuai atau tidaknya dengan kebutuhannya.
  • Lamanya waktu yang dibutuhkan dalam memberikan strategi coba gratis.
  • Lamanya waktu perusahaan untuk dapat mendukung dalam hal finansial pada program coba gratis.
  • Jangka waktu coba gratis pada siklus penjualan perusahaan.
  • Lamanya waktu yang harus Anda tunggu agar konsumen yang melakukan strategi coba gratis untuk melakukan pembelian.

Perbedaan Free Trial dengan Freemium

Perbedaan antara free trial dan freemium dapat terlihat pada perilaku waktu dan fitur yang bisa dicoba oleh calon pelanggan.

Dalam strategi coba gratis, penggunaan fitur dan lamanya waktu yang ditawarkan produk akan dibatasi, sehingga produk tersebut tidak dapat digunakan secara utuh dalam waktu tersebut. Calon pelanggan pun nantinya hanya dapat mencoba berbagai fitur utama pada suatu produk ataupun layanan untuk jangka waktu tertentu.

Di sisi lain, freemium akan menawarkan pada konsumen terkait produk yang dapat mereka gunakan secara penuh tanpa adanya batasan waktu dengan pengecualian pada beberapa fitur premium di dalamnya.

5 Manfaat Strategi Free Trial untuk Bisnis

Walaupun memang strategi coba gratis akan membatasi calon pelanggan dalam mencoba produk, bukan berarti strategi ini tidak bisa memberikan manfaat pada perusahaan.

Beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika Anda menerapkan strategi ini adalah :

Meningkatkan Conversion Rate

Anda dapat mengurangi tingkat keraguan calon pelanggan dalam melakukan pembelian. Karena free trial akan menunjukkan pada mereka bahwa produk Anda mampu memenuhi kebutuhannya. Sehingga, hal tersebut dapat meningkatkan conversion rate Anda.

Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Pelanggan akan merasa lebih puas jika mereka dapat mengetahui bahwa produk yang nantinya akan dibeli mampu memenuhi berbagai kebutuhannya.

Free trial yang akan memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba produk lebih dahulu sebelum membeli. Hal ini tentunya akan memastikan kepuasan mereka dikemudian hari.

Memungkinkan Calon Pelanggan untuk Mencoba Sebelum Membeli

Saat ini, sudah banyak sekali pilihan produk yang membuat calon pelanggan kesulitan dalam membuat keputusan saat ingin membeli produk.

Dengan adanya free trial yang memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba produk sebelum membeli. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan untuk membuat keputusan dalam membeli.

Menampilkan Rasa Percaya Diri Anda pada Produk

Menerapkan strategi coba gratis akan menunjukkan bahwa Anda memang percaya diri pada produk Anda. Jika Anda sudah tahu bahwa produk Anda memang mampu mengatasi masalah pada target audience, maka Anda harus dapat menunjukkan hal tersebut pada mereka.

Dengan free trial yang mengomunikasikan kepercayaan diri Anda pada audiens, maka hal tersebut akan bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka pada Anda.

Kesempatan untuk Mendapatkan Feedback

Strategi coba gratis juga dapat Anda jadikan kesempatan untuk memperoleh feedback dari calon pelanggan secara langsung.

Feedback adalah hal yang sangat berharga dalam mengembangkan produk Anda dari waktu ke waktu.  Walaupun memang calon pelanggan tersebut belum tentu akan membeli produk Anda, tapi feedback dari mereka akan membantu Anda untuk membuat produk yang lebih baik.

Tips Melakukan Free Trial

Beberapa tips untuk melakukan free trial adalah :

  • Tunjukkan dan biarkanlah calon pelanggan Anda mencoba berbagai fitur unggulan yang mampu memenuhi kebutuhan mereka.
  • Pertimbangkanlah batasan yang akan diberikan pada calon pelanggan dalam masa coba gratis. Mulai dari jangka waktu sampai dengan fitur yang akan digunakan.
  • Perhatikanlah berapa lama waktu yang diperlukan oleh calon pelanggan agar dapat mempelajari produk Anda. Hal tersebut akan membantu Anda menentukan masa coba gratis yang akan diberikan.
  • Cantumkan informasi terkait pembayaran produk secara jelas agar calon pelanggan yakin kapan mereka harus membayar produk untuk bisa terus menggunakannya.

Itu dia informasi mengenai strategi coba gratis atau free trial. Pada intinya, walaupun memang saat ini freemium sedang populer, free trial juga bisa Anda gunakan sebagai strategi bisnis yang tepat untuk menawarkan produk atau layanan kepada calon pelanggan.

Sama halnya dengan IPOS, software toko yang sudah terintegrasi akuntansi juga menawarkan free trial untuk Anda yang masih ragu apakah IPOS cocok dengan bisnis Anda atau tidak.

Dengan coba gratis IPOS di sini, buktikan fitur-fitur unggulan IPOS dapat mempermudah segala kegiatan operasional usaha Anda. Mulai dari pencatatan transaksi jual-beli, cek stok barang di gudang, pembukuan, hingga pembuatan laporan keuangan dengan cepat dan tepat.



Baca juga

13 Oktober 2023
Perbedaan Komisaris dan Direktur di Perusahaan yang Harus Diketahui
Di dunia bisnis, istilah-istilah seperti “komisaris” dan “direktur” seringkali digunakan. Akan tetapi ternyata masih ada orang yang mungkin belum memahami perbedaan di antara keduanya. Padahal kedua posisi ini merupakan peran kunci dalam struktur kepemimpinan suatu perusahaan, namun memiliki tanggung jawab dan fungsi yang berbeda. Untuk memahami lebih dalam mengenai perbedaan di antara keduanya, mari kita eksplorasi bersama-sama di bawah ini.
12 Oktober 2023
Tips Memikat Investor untuk Kembangkan Bisnis Anda
Salah satu hal yang paling krusial adalah ketika Anda berpikiran untuk mengembangkan bisnis Anda. Entah itu memperbaiki berbagai aspek dari satu unit usaha Anda ataupun membuka lini usaha baru namun terhalang dalam segi finansial. Dalam kasus ini, mungkin Anda harus memulai memikirkan tentang adanya investor. Investor secara harfiah diartikan sebagai perorangan atau lembaga yang melakukan suatu investasi, bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Namun hal ini pun juga memerlukan persiapan yang matang. Karena banyaknya kesulitan yang dialami untuk mendatangkan investor dan bekerja sama dengan bisnis yang telah Anda jalankan. Berbagai macam cara harus serta perencanaan harus dipersiapkan dengan sangat baik sebelum Anda melangkah ke depan, hal tersebut sangat perlu dilakukan untuk membuat investor semakin yakin untuk menyuntikkan dananya demi kemajuan atau jalannya bisnis Anda.
11 Oktober 2023
Kesalahan Pemasaran Online yang Perlu Dihindari Pebisnis
Bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan strategi bisnis yang paling efektif, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran online memiliki tingkat kompleksitas yang lumayan tinggi. Maka tidak mengherankan jika banyak pebisnis pemula yang melakukan kesalahan ketika melakukannya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa kesulitan dalam melakukan pemasaran online dan mendapatkan hasil di bawah ekspektasi Anda? Berikut ini beberapa kesalahan pemasaran online yang perlu pebisnis hindari karena siapa tahu Anda tanpa sadar melakukannya juga. Simak hingga selesai, ya!
10 Oktober 2023
Avoiding : Strategi Manajemen Selesaikan Konflik dalam Bisnis
Konflik merupakan bagian alami dari kehidupan manusia, termasuk dalam dunia bisnis. Namun konflik yang tidak dapat dikelola dengan baik dapat merusak budaya perusahaan, produktivitas, dan reputasi. Oleh karena itu, salah satu aspek penting dalam manajemen bisnis adalah kemampuan untuk mengelola konflik dengan bijak. Dalam artikel berikut, mari kita bahas mengenai Avoiding sebagai salah satu manajemen konflik yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis.
9 Oktober 2023
Fungsi Aplikasi Toko Offline untuk Mengoptimalkan Toko
Dalam era digital yang semakin berkembang, toko offline harus beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk tetap bersaing dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Salah satu alat yang penting dalam mengoptimalkan pengelolaan toko offline adalah aplikasi toko offline. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna untuk membantu pemilik toko retail dalam mengelola bisnis, baik dalam skala kecil maupun besar. Dalam artikel ini, berikut akan kami jelaskan beberapa fungsi aplikasi toko offline dan bagaimana aplikasi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.